Jakarta (ANTARA) - Indonesia Patriots mengajukan permohonan untuk mengambil tiga tambahan pemain dari klub lain untuk memperkuat roster mereka pada lanjutan Liga Bola Basket Indonesia (IBL) 2022, 3-31 Maret.

Dikutip dari laman resmi liga di Jakarta, Kamis, permohonan telah disampaikan melalui surat PP Perbasi kepada Direktur Utama IBL pada 23 Februari. Pengajuan tambahan pemain dilakukan untuk mempersiapkan tim nasional bola basket Indonesia menuju SEA Games 2022 Vietnam pada 13-23 Mei.

"PP Perbasi lakukan sebagai salah satu bentuk persiapan tim nasional bola basket elite dalam rangka mempersiapkan rangkaian kegiatan mendatang, di mana diperlukan persiapan dan kesiapan yang matang," demikian isi surat resmi yang ditandatangani Ketua Umum PP Perbasi Danny Kosasih.

Tiga nama yang bakal memperkuat Indonesia Patriots dalam lanjutan IBL 2022 adalah Hendrick Xavi Yonga dan Yesaya Alesandro Saudale dari Pelita Jaya Bakrie Jakarta, serta Kelvin Sanjaya dari Satria Muda Pertamina.

Baca juga: Indonesia Patriots dalam kondisi solid jelang lanjutan IBL 2022
Baca juga: Pulih dari COVID-19, Indonesia Patriots mulai kembali berlatih


Direktur IBL Junas Miradiarsyah menyetujui permintaan dari PP Perbasi itu. Ia mengatakan bahwa IBL sebetulnya melarang penambahan pemain, namun aturan tersebut tidak berlaku saat ini bagi Indonesia Patriots.

Patriots kembali menjadi tim tamu di IBL 2022 yang dipersiapkan PP Perbasi untuk memperkuat timnas di ajang-ajang internasional, termasuk SEA Games 2022. Tim asuhan Milos Pejic itu hanya akan tampil selama musim reguler dan tidak bisa melaju ke babak playoff.

"Kami merespons permintaan PP Perbasi dengan positif sebagai dukungan kepada tim nasional Indonesia. IBL memang memiliki peraturan tak boleh ada penambahan roster, namun ada pengecualian bagi Indonesia Patriots karena keikutsertaan mereka adalah bagian dari pembentukan tim nasional dan Patriots tidak akan melanjutkan kompetisi ke babak playoff," jelas Junas.

Baca juga: Satria Muda depak William Tinsley jelang lanjutan IBL 2022
Baca juga: Lanjutan IBL 2022 digelar tanpa penonton


Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2022