London (ANTARA) - Kurs rubel Rusia turun tajam ke rekor terendah baru dalam perdagangan tipis pada Senin (7/3/2022), karena minimnya tawaran dari investor dengan pasar lokal ditutup untuk perdagangan setidaknya hingga Rabu (9/3/2022).

Rubel telah kehilangan hampir 50 persen nilainya terhadap greenback sejak awal tahun, dengan kerugian yang meningkat tajam sejak Rusia menginvasi Ukraina pada 24 Februari, sebuah langkah yang memicu sanksi besar-besaran dari berbagai pemerintah di seluruh dunia.

Tawaran beli rubel diindikasikan sejauh 150 terhadap dolar setelah ditutup pada 121,037 pada Jumat (4/3/2022), menurut data Refinitiv. Di platform perdagangan EBS, rubel melemah sejauh 160 terhadap dolar, atau lebih dari 22 persen, dan baru-baru ini diperdagangkan di 145, turun 14,5 persen hari ini.

Spread bid/ask antara 7 dan 15 sen, menunjukkan pasar yang semakin tidak likuid.

Perdagangan di bursa MOEX Moskow dijadwalkan ditutup hingga Rabu (9/3/2022) untuk hari libur bank.

Pembatasan di Rusia, pemberi pinjaman, perusahaan dan individu pentingnya, serta tindakan balasan dari Moskow, telah semakin memangkas aset-aset Rusia dari pasar keuangan global dan mempersulit investor untuk memperdagangkan sekuritas apa pun.

"Masa depan tidak terlihat cerah untuk rubel Rusia sama sekali," kata Ipek Ozkardeskaya, analis senior di Swissquote.

"Kombinasi sanksi barat, meningkatnya risiko gagal bayar dan insentif untuk melakukan divestasi dari aset berdenominasi rubel kemungkinan akan semakin membebani mata uang."

Saham terakhir diperdagangkan pada 25 Februari di bursa Moskow. Exchange Traded Fund (ETF) dari perusahaan-perusahaan Rusia yang diperdagangkan di Amerika Serikat dihentikan pada Jumat (4/3/2022) setelah turun hampir 80 persen tahun ini.

Swap default kredit lima tahun di Rusia - yang mencerminkan biaya untuk memastikan eksposur terhadap utang negara - melonjak ke rekor 2.757 basis poin dibandingkan dengan 1.725 basis poin pada Jumat (4/3/2022), data dari IHS Markit menunjukkan.

Perdagangan pada surat utang berdenominasi dolar dan euro Rusia hampir terhenti, dengan beberapa penerbit menawar sekitar 20 sen dalam dolar atau euro.

"Dengan harga Rusia pada obligasi euro sekitar 20, ini akan berlangsung untuk waktu yang sangat lama, dan tidak ada yang ingin dikaitkan dengan (rubel)," kata Gabriel Sterne, kepala penelitian EM global di Oxford Economics.

"Jual saja dan ambil kerugian. Anda harus menafsirkan pergerakan harga sebagai: ada pasokan yang hampir tak terbatas dan permintaan yang sangat sedikit untuk aset-aset ini saat ini. Sekarang hanya masalah pembuangan aset Rusia secara teratur."

Rusia menyebut tindakannya di Ukraina sebagai "operasi khusus".

Pengukur volatilitas tersirat rubel - ukuran permintaan untuk opsi pada mata uang naik atau turun terhadap dolar - telah tinggal di dekat rekor tertinggi yang dicapai minggu lalu, dengan pengukur satu minggu di atas 84 persen ​​dan satu bulan di atas 94 persen.

Runtuhnya rubel juga telah memukul volume perdagangan. Omset mata uang Rusia di EBS turun lebih dari 80 persen pada Jumat (4/3/2022) dibandingkan dengan akhir Februari.

Baca juga: Kurs rubel Rusia jatuh ke rekor terendah baru

Pewarta: Apep Suhendar
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2022