Ketangguhan perempuan dalam membangun dan mengembangkan usaha telah banyak terlihat di Indonesia, seperti perajin, pelaku UMKM, industri kreatif dan pariwisata, hingga pebisnis sukses,
Jakarta (ANTARA) - Direktur Utama Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi, Usaha Mikro Kecil, dan Menengah (LPDB-KUMKM) Supomo mengatakan perempuan memiliki peran penting dalam dunia usaha untuk menopang perekonomian.

“Ketangguhan perempuan dalam membangun dan mengembangkan usaha telah banyak terlihat di Indonesia, seperti perajin, pelaku UMKM, industri kreatif dan pariwisata, hingga pebisnis sukses,” ujarnya sebagaimana dalam keterangan pers di Jakarta, Jumat.

Karena itu, ia mendorong partisipasi perempuan dalam struktur perekonomian nasional melalui program inkubator wirausaha.

Baca juga: LPDB dukung pengembangan bisnis bambu di NTT melalui koperasi

Berdasarkan data McKinsey Global Institute Analysis tahun 2018, Indonesia dapat meningkatkan Pendapatan Domestik Bruto (PDB) sebesar 135 miliar dolar AS per tahun pada 2025 dengan syarat meningkatkan partisipasi ekonomi perempuan

"Program-program inkubasi diharapkan bisa menjadi batu lompatan dalam meningkatkan partisipasi perempuan di Indonesia terhadap perekonomian nasional," ucap Supomo.

Direktur Eksekutif Inotek Foundation (salah satu lembaga inkubator) Ivi Anggraini menyatakan perkembangan wirausaha perempuan membuktikan peran Indonesia dalam pencapaian tujuan Sustainable Development Goals (SDGs) ke-5, yaitu kesetaraan gender, tempat kerja yang layak, serta pertumbuhan ekonomi.

Baca juga: Koperasi sektor riil mampu jadi akselerator ekonomi masyarakat

Staff Cubic Inkubator Bisnis, Fitri Hanifah mengharapkan program inkubasi yang diberikan kepada wirausaha perempuan dapat memberikan edukasi dan peningkatan jumlah wirausaha perempuan di Indonesia.

"Hal ini menjadi penting karena dengan berwirausaha para perempuan terlatih untuk mengambil risiko, dan mandiri dalam mengambil keputusan. Perempuan yang berwirausaha akan memiliki intuisi atau naluri yang cermat karena pola pikirnya yang suka bersosialisasi dan lebih dominan perasaan daripada rasional," pungkas Fitri.

Kedua lembaga tersebut turut serta dalam program inkubator wirausaha LPDB-KUMKM.

Pewarta: M Baqir Idrus Alatas
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2022