Jakarta (ANTARA) - Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) dan Badan Riset dan Inovasi Daerah (BRIDA) Nusa Tenggara Barat menyelenggarakan pameran inovasi NTB INOVTEK EXPO 2022 pada 18-20 Maret 2022 untuk memeriahkan MotoGP Pertamina Grand Prix of Indonesia.

"Acara ini menjadi ajang yang strategis untuk memperluas akses produk inovasi, teknologi, dan produk unggulan daerah," kata Pelaksana tugas Direktur Pemanfaatan Riset dan Inovasi pada Kementerian/Lembaga, Masyarakat, dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah BRIN Hardi Julendra dalam keterangan tertulis yang diterima ANTARA di Jakarta, Jumat.

Pameran tersebut juga memperkuat citra produk yang dihasilkan oleh industri kecil menengah (IKM) atau usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) Indonesia di mata dunia, sekaligus mendukung Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Germas BBI).

BRIN bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat melalui BRIDA menampilkan hasil riset dan inovasi unggulan terbaru, yang mampu menjawab isu terkini di masyarakat, yang mencakup sejumlah bidang riset dan inovasi, diantaranya kesehatan dan obat, energi baru dan terbarukan, transportasi, dan pangan.

Julendra menuturkan pameran inovasi tersebut diharapkan mampu mendongkrak pemanfaatan riset dan inovasi di Indonesia.

Baca juga: BRIN percepat pengembangan produk inovasi kesehatan menuju hilirisasi

Baca juga: BRIN fasilitasi uji klinis implan tulang hingga obat fitofarmaka

Ajang itu juga dijadikan sebagai sarana memperkenalkan, menampilkan dan mempromosikan berbagai hasil riset dan inovasi yang telah dicapai BRIN, baik kepada masyarakat umum, maupun investor, perusahaan, distributor, dan pemerintah daerah.

Dengan mengusung tema Merdeka Inovasi Membangun Untuk Negeri, Julendra berharap kehadiran riset dan inovasi menjadi solusi dalam menyelesaikan persoalan kekinian di masyarakat.

"Acara ini juga diharapkan sebagai upaya peningkatan produktivitas, serta efisiensi biaya dan waktu di sektor usaha melalui pemanfaatan teknologi, yang selanjutnya secara agregat diharapkan akan mampu meningkatkan daya saing perekonomian nasional," tuturnya.

Selain sebagai upaya memperkenalkan, mendorong dan mengoptimalkan pemanfaatan hasil riset dan inovasi kepada masyarakat luas, keikutsertaan BRIN dalam NTB INOVTEK EXPO 2022 diharapkan dapat menarik minat para pelaku bisnis atas hasil riset dan inovasi yang telah dihasilkan.

Untuk tercapainya tujuan dan sasaran yang optimal, pada NTB INOVTEK EXPO 2022, BRIN menghadirkan dua kegiatan penting, yaitu pameran dan Pemanfaatan Riset dan Inovasi (PRI) Corner dalam bentuk business matching.

Keikutsertaan BRIN dan BRIDA dalam NTB INOVTEK EXPO 2022 juga bertujuan untuk menumbuhkembangkan dan memperkuat ekosistem riset dan inovasi termasuk meningkatkan jejaring antar pelaku riset dan inovasi, kolaborasi antara pihak pengguna dan penyedia teknologi, baik secara nasional maupun global.

Sementara Kepala BRIDA NTB Wirawan mendukung kegiatan pameran inovasi tersebut karena dapat dijadikan sarana mendekatkan riset dan inovasi kepada masyarakat khususnya di wilayah NTB.

Baca juga: BRIN targetkan 400 produk inovasi dari perusahaan pemula

Baca juga: BRIN fasilitasi swasta ciptakan produk bernilai tambah tinggi

Pewarta: Martha Herlinawati Simanjuntak
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2022