Lombok Tengah, Nusa Tenggara B (ANTARA) - Online travel agency (OTA) tiket.com mencatat lonjakan transaksi sebesar lebih dari 200 persen khusus di wilayah Lombok dan Bali dibandingkan periode yang sama pada tahun 2021 sepanjang perhelatan MotoGP yang berlangsung di arena balap Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah pada 18-20 Maret 2022.

"Kita sudah lihat kemarin acaranya (MotoGP) sangat sukses. Transaksi dari bundling dan tiket kami mencatat lonjakan transaksi sebesar lebih dari 200 persen di Lombok dan di Bali. Kalau kita compare dari Q1 2021, di 2022 kami mendapat lonjakan sebesar 200 persen," ujar Public Relation Manager, tiket.com, Sandra Darmosumarto kepada awak media, di Lombok Tengah, Senin.

Baca juga: Setelah pandemi, wisatawan kini tak cuma pentingkan harga

Sandra menyebutkan, tiket.com menjual lebih dari 27 ribu tiket MotoGP dan kinerja penjualan ini berkontribusi pada 49 persen dari total keseluruhan performa vertikal Entertainment yang menaungi produk tiket To Do di platform tiket.com.

Penjualan tiket MotoGP Mandalika secara langsung berdampak positif pada pertumbuhan bisnis akomodasi di tiket.com. Menjelang pagelaran MotoGP, jumlah pemesanan akomodasi di area Lombok dan Bali meningkat sebesar lebih dari 112 persen.

Angka ini berkontribusi signifikan terhadap pendapatan bisnis akomodasi di tiket.com yang tumbuh sebesar 57 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama di Q1 2021.

Kemudian, dari sisi transportasi, penjualan tiket pesawat di Lombok dan Bali juga mengalami peningkatan dengan capaian lebih dari 350 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama di 2021.

"Ini sangat signifikan apalagi kemarin itu flight agak sedikit struglling tetapi dengan adanya ajang ini orang-orang pada mulai booking. Kalau dibandingkan untuk semua lini bisnis kami, dibandingkan Q1 tahun lalu, kami meningkat sebesar 92 persen untuk semua lini di seluruh Indonesia," tutur Sandra.

Baca juga: Tiket.com catat bisnis tumbuh 40 persen pada tahun ini

Sandra menilai masyarakat antusias terhadap perhelatan MotoGP dan ini nantinya menjadi momen mendorong pertumbuhan industri pariwisata Indonesia khususnya di Lombok secara signifikan.

"Kami sangat positif ya melihat dengan adannya pergelaran seperti MotoGP bisa sebuah batu loncatan itu recovery dari industri pariwisata. Banyak masyarakat yang datang ke ajang MotoGP. Tidak hanya domestik, tetapi juga dari luar negeri. Ini sebuah ajang di mana membangkitkan pariwisata Indonesia. So hopefully, kedepannya pun perkembangan dari pariwisata juga lebih membaik," ujar dia.

Di sisi lain, Area Manager East Indonesia, tiket.com, Rajasa Hadisoemarto mengatakan, penonton MotoGP tidak hanya menyaksikan secara langsung para pebalap kelas dunia MotoGP bertanding tetapi juga menikmati kemolekan wisata di area Lombok dan sekitarnya yang dikenal dengan keindahan alam serta budayanya.

“Berbagai pilihan akomodasi telah laris dipesan sejak awal tahun. Kami pun terus menyediakan berbagai opsi bundling dengan pilihan akomodasi mulai dari hotel di area Lombok, Bali, hingga tenda camping di dekat sirkuit Mandalika,” kata dia yang juga menyebutkan Paket Bundling MotoGP yang tersedia sekitar 100 terjual habis.

Salah satu akomodasi yang dimaksud yakni Bobobox X Eiger Campsite Mandalika di kawasan yang menghadap langsung bibir pantai Kuta Mandalika, Jl. Pariwisata Pantai Kuta, Kuta, Pujut, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB). Akomodasi ini habis dipesan jelang race utama MotoGP pada Minggu (20/3), ungkap Assistant Resort Manager Bobocabin, Asep Sudrajat.

Tak hanya akomodasi di sekitar sirkuit, destinasi di Lombok lainnya, salah satunya Gili Trawangan juga dilirik pelancong sebelum gelaran MotoGP Mandalika. General Manager Marc Hotel Gili Trawangan, Asep Solihin mengatakan, jika saat pandemi hingga awal Februari lalu wisatawan yang datang cenderung tak banyak, tetapi pada pekan kedua Maret perlahan terjadi peningkatan. Dia menyebutkan, dari sekitar 6000 kamar yang tersedia di seluruh kepulauan Gili, sudah sekitar 200 kamar di Gili Trawangan dipesan, khususnya untuk 18-21 Maret 2022.



Baca juga: Vila & apartemen banyak diburu pengguna tiket.com untuk "staycation"

Baca juga: Kemenhub akan evaluasi bantuan bus MotoGP Mandalika

Baca juga: ASDP sukses layani penyeberangan Bali-Lombok selama gelaran MotoGP

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2022