Jakarta (ANTARA) - Bintang Milwaukee Bucks Giannis Antetokounmpo mengaku blok krusial yang ia lakukan saat membantu timnya menang 118-116 melawan Philadelphia 76ers dalam lanjutan NBA di Pennsylvania, Selasa waktu setempat (Rabu WIB).

Blok itu begitu krusial sebab terjadi pada sisa waktu 1,6 detik ketika Joel Embiid berusaha menyeploskan layup setelah mengamankan bola rebound dari tembakan tripoin James Harden yang meleset.

Wasit awalnya menyatakan aksi Antetokounmpo sebagai sebuah tindakan goaltending atau blok ilegal yang dilakukan ketika bola sudah nyaris masuk ke keranjang.

Namun, setelah meninjau tayangan ulang jajaran wasit sepakat bahwa blok itu sah dan Bucks sukses menjaga marjin tipis dua poin untuk mengunci jalan kembali ke jalur kemenangan.

"Itu hanya bagian naluri saya. Saya berusaha melompat setinggi mungkin untuk melakukan sesuatu," kata Antetokounmpo selepas pertandingan dikutip dari situs resmi NBA, Rabu.

Baca juga: Bucks bangkit di kuarter keempat saat atasi Sixers 118-116

Blok krusial itu mengundang pujian bukan hanya dari kubu Bucks tetapi juga pelatih kepala Sixers Doc Rivers yang menyebutnya sebagai "blok spektakuler".

Halauan itu menjadi bagian dari penampilan dominan Antetokounmpo yang menutup laga dengan catatan 40 poin, 14 rebound, enam assist dan tiga blok.

Khris Middleton yang turut menyumbang 22 poin, sembilan rebound dan tujuh assist bagi Bucks mengaku tidak kaget atas penampilan Antetokounmpo yang memang diandalkan untuk melakukan hal-hal krusial.

"Kami mengandalkannya untuk melakukan permainan-permainan penting. Kami tentu tidak menebak ia akan melakukan blok tersebut, tetapi ketika dia melakukannya, kami sama sekali tidak kaget," kata Middleton.

Baca juga: Luka Doncic triganda, Mavericks paksa Lakers kalah tiga gim beruntun

Sementara itu Jrue Holiday yang mengemas dwiganda 18 poin dan 10 assist ditambah delapan rebound untuk Bucks mengatakan "Giannis hanya menjadi Giannis. Melakukan permainan luar biasa dan menyelamatkan pertandingan."

Hasil kali ini menciptakan jarak di antara kedua tim yang sebelumnya memasuki pertandingan dengan catatan menang kalah setara.

Bucks menjaga posisi mereka di urutan kedua klasemen Timur dengan catatan menang kalah 47-28, sedangkan Sixers (46-29) harus rela turun ke peringkat keempat.

Selanjutnya pada Kamis (31/3) waktu setempat, Bucks akan mengakhiri tur tiga gim tandang mereka di markas Brooklyn Nets, sementara Sixers melawat ke kandang Detroit Pistons.

Baca juga: Kevin Durant bimbing Nets kembali ke jalur kemenangan
Baca juga: DeMar DeRozan pimpin Bulls tutup tur tandang bekuk Wizards 107-94

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2022