Jakarta (ANTARA) - Pemain Milwaukee Bucks Giannis Antetokounmpo menjadi pemain NBA ke sekian yang mengumumkan untuk tidak ikut serta membela negaranya, yakni Yunani, dalam kompetisi Piala Dunia Bola Basket atau Piala Dunia FIBA 2023 yang digelar di Filipina, Jepang, dan Indonesia.

Antetokounmpo menginformasikan hal tersebut melalui akun Instagram resmi miliknya giannis_an34, Sabtu (12/8), dan menyebut alasan medis menjadi kendala dia tidak dapat tampil di Piala Dunia FIBA 2023.

"Semua orang tahu passion dan kecintaan saya pada tim nasional dan tidak akan pernah berubah. Sejak musim terakhir saya di NBA, saya telah memaksa tubuh saya mencapai batas untuk membantu tim kami mencapai tujuan," katanya.

"Tapi setelah beberapa bulan tim medis menjelaskan bahwa saya tidak siap untuk berkompetisi pada level yang dibutuhkan di Piala Dunia," lanjutnya lagi.

Antetokounmpo menyatakan tidak ikut pada Piala Dunia FIBA 2023 adalah satu-satunya pilihan agar dirinya masih bisa melanjutkan karier sebagai pemain bola basket profesional. Dia menyebut dirinya sangat menyesal dengan keputusan itu.

Baca juga: Triple-Double Antetokounmpo bawa Bucks menang tujuh kali beruntun
Baca juga: Giannis cedera lagi, Bucks tetap menang 128-99 lawan Heat


"Saya sangat kecewa, tetapi ini adalah keputusan yang dibuat dengan tim medis. Saya akan terus mendorong diri saya untuk siap saat nama saya dipanggil lagi membela timnas," kata peraih MVP NBA sebanyak dua kali tersebut.

Giannis Antetokounmpo memang menjalani musim yang berat bersama timnya Milwaukee Bucks pada NBA musim 2022-2023. Dia menjadi mesin utama yang membawa Bucks memuncaki klasemen Wilayah Timur NBA di musim reguler.

Pada babak playoff, Antetokounmpo mengalami cedera serius yakni terjatuh dengan sangat keras pada punggungnya saat melawan Miami Heat di putaran pertama. Antetokounmpo sempat tidak bertanding di beberapa gim babak playoff, namun dia memaksakan bermain yang akhirnya pun tidak maksimal. Bucks harus rela disingkirkan oleh Miami Heat di putaran pertama playoff NBA 2022-2023.

Antetokounmpo menyatakan target pribadinya adalah untuk membawa Yunani bisa lolos kualifikasi Olimpiade 2024 di Paris Prancis.

Sebelum Giannis Antetokounmpo, bintang NBA lainnya yang tidak ikut berpartisipasi dalam Piala Dunia FIBA 2023 adalah Nikola Jokic dari Serbia sang peraih gelar MVP Final NBA 2022-2023, Joel Embiid dari Prancis yang merupakan MVP NBA musim 2022-2023, dan Jamal Murray sang jawara NBA 2022-2023 dari Kanada dikabarkan juga tidak ikut bertanding di Piala Dunia FIBA 2023 yang digelar di Jakarta Indonesia.

Baca juga: Tur trofi Piala Dunia FIBA 2023 Indonesia akan dimulai dari Solo

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2023