Mendorong masyarakat untuk meningkatkan konsumsi ikan
Purwokerto (ANTARA) - Pengamat ekonomi perikanan dari Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto Teuku Junaidi mengatakan pemerintah daerah perlu menggiatkan promosi gemar makan ikan guna meningkatkan konsumsi komoditas tersebut selama bulan Ramadhan.

"Pemerintah daerah perlu menggiatkan promosi gemar makan ikan guna mendorong masyarakat untuk meningkatkan konsumsi ikan, momentum bulan Ramadhan bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan kampanye ini," katanya di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Rabu.

Pengajar di Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Unsoed itu mengatakan konsumsi ikan sangat baik untuk menjaga kesehatan dan imunitas dalam rangka menjaga kondisi tubuh agar tetap prima selama menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan.

"Ikan memiliki banyak nutrisi penting yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, sehingga mengonsumsi ikan saat sahur dan berbuka selama bulan puasa akan sangat baik untuk mendukung kesehatan dan imunitas seseorang," katanya.

Karena itu menurut dia, sosialisasi dan edukasi mengenai pentingnya makan ikan harus terus digaungkan selama bulan Ramadhan guna meningkatkan kesadaran dan pemahaman masyarakat.

Baca juga: Pengamat: Konsumsi ikan di tengah pandemi tingkatkan kesehatan

Baca juga: Fishtival ajak masyarakat gemari kuliner ikan dan peduli sampah


"Masyarakat harus terus diingatkan, bahwa konsumsi ikan itu sangat baik dan bermanfaat dalam menunjang kesehatan tubuh, terlebih lagi bagi anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan, nutrisi esensial yang terkandung dalam ikan dapat mendukung optimalisasi tumbuh kembang anak," katanya.

Junaidi juga menambahkan bahwa sosialisasi gemar makan ikan bisa dilakukan secara tatap muka atau konvensional serta secara digital dengan memanfaatkan berbagai aplikasi media sosial.

"Dengan demikian kampanye gemar makan ikan dapat menyasar seluruh lapisan masyarakat, termasuk juga kalangan milenial yang dekat atau familiar dengan media sosial," katanya.

Selain itu, kata dia, sosialisasi gemar makan ikan juga dapat dilakukan dengan menggelar pasar murah atau operasi pasar khusus ikan di tingkat kabupaten/kota.

"Operasi pasar ini juga bisa disertai dengan kegiatan penyuluhan dan promosi kepada masyarakat mengenai pentingnya mengonsumsi ikan, untuk menjaga kesehatan keluarga terutama bagi ibu hamil dan anak-anak," katanya.

Sementara itu, ia juga mengingatkan agar pemerintah daerah perlu mengintensifkan pengawasan sektor perikanan budidaya guna meningkatkan produktivitasnya selama bulan Ramadhan.

"Dengan pendampingan dan pengawasan yang konsisten diharapkan produktivitasnya akan terjaga dan bahkan dapat terus meningkat," katanya.

Baca juga: Seberapa buruk kalau tak pernah makan ikan?

Baca juga: Pemerintah-pengusaha perikanan perlu ambil momentum gaya hidup sehat

Pewarta: Wuryanti Puspitasari
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2022