Jakarta (ANTARA) - Kedutaan Besar RI (KBRI) di Tunis akan menjalin kerjasama kajian tentang Islam Indonesia dan Pancasila dengan Baitul Hikmah, sebuah lembaga kajian ternama di Tunisia.

"Islam ala Indonesia dan Pancasila mulai menarik perhatian para pemikir di Tunisia," kata Dubes RI untuk Tunisia Zuhairi Misrawi melalui keterangan pers dari KBRI Tunis, Selasa.

Para pemikir di Tunisia, kata dia, mengapresiasi praktik yang dilakukan oleh masyarakat Indonesia dari nilai-nilai Islam dan Pancasila sebagai falsafah yang menjadikan Indonesia kokoh di tengah kebhinnekaan dan infiltrasi ideologi transnasional.

Dia mengatakan inisiatif kerja sama tersebut muncul dari para pemikir di Tunisia yang mulai mengkaji perkembangan Islam ala Indonesia yang dinilai mampu melahirkan keberagamaan yang toleran dan moderat, serta berpartisipasi dalam melahirkan dan menerapkan nilai-nilai Pancasila.

"Saya sendiri dari awal mempunyai visi dan misi untuk mengenalkan Islam Indonesia dan Pancasila di Tunisia dan kawasan Timur-Tengah. Tetapi, rupanya para pemikir Tunisia mempunyai keinginan dan minat yang sama. Ini dapat disebut 'gayung bersambut', karena kita bisa berperan lebih pada tataran global," ujar Zuhairi.

Para pemikir Tunisia mulai tertarik dengan Indonesia setelah mengenal pemikiran para cendekiawan Muslim Indonesia, seperti Nurcholish Madjid, Buya Hamka, Abdurrahman Wahid dan lain-lain, kata dia.

"KBRI Tunis sudah menerjemahkan karya Buya Hamka dan Nurcholish Madjid ke dalam bahasa Arab. Selanjutnya kami akan menerjemahkan buku Bung Karno, Buya Syafii Maarif, Gus Dur, dan lain-lain, sehingga pemikiran keislaman ala Indonesia mulai dikenal luas," ujar Dubes RI yang juga dikenal sebagai cendekiawan Nahdlatul Ulama itu.

Dalam upaya mengenal lebih dalam pengamalan nilai-nilai Islam dan Pancasila di Indonesia, para pemikir tersebut memandang Pancasila sebagai kekuatan yang dimiliki Indonesia, kata dia.

Oleh karena itu, ​​​​​​​Zuhairi menilai perlu ada ada kajian yang mendalam tentang Pancasila, baik sebagai bahan kajian maupun upaya mengambil pelajaran dari Pancasila dalam rangka membangun negara yang berdaulat, adil, dan makmur.

Baca juga: KBRI berkomitmen tingkatkan kerja sama ekonomi dengan Tunisia
Baca juga: Dubes RI jajaki peningkatan ekspor kopi ke Tunisia
Baca juga: Produsen kurma Tunisia ingin buka pabrik di Indonesia

Pewarta: Katriana
Editor: Anton Santoso
Copyright © ANTARA 2022