Washington (ANTARA News) - Presiden AS Barack Obama pada Kamis, menyambut keputusan "penting" yang diambil oleh Eropa pada pertemuan puncak maraton untuk memperbaiki krisis utangnya sebagian dengan menopang dana talangan satu triliun euro.

"Kami menyambut keputusan penting yang dibuat tadi malam oleh Uni Eropa yang meletakkan dasar penting bagi sebuah solusi komprehensif untuk krisis zona euro," kata Obama dalam pernyataan tertulis.

"Kami berharap untuk pengembangan penuh dan implementasi yang cepat dari rencana mereka. Kami akan terus mendukung Uni Eropa dan sekutu Eropa kami pada upaya mereka untuk mengatasi krisis ini karena kami bekerja sama untuk mempertahankan pemulihan global dan menempatkan orang-orang kita kembali bekerja."

Sementara pejabat Gedung Putih menolak untuk memprediksi apakah rencana itu akan mencegah kekhawatiran resesi global masa depan, menyusul peringatan bahwa peristiwa di Eropa dapat sangat menghambat pemulihan Amerika yang lamban.

Dan juru bicara Gedung Putih Jay Carney, seminggu sebelum Obama meninggalkan AS pergi ke Eropa untuk menghadiri KTT G20, menekankan perlunya rencana perjanjian Eropa pada pertemuan puncak di Brussel untuk diterapkan secara penuh.

"Presiden pesan kepada Uni Eropa dan secara luas kepada semua anggota G20 bahwa kita perlu untuk bekerja secara individual sebagai negara dan kolektif bersama-sama untuk memastikan bahwa kita mendukung terus pemulihan ekonomi global dan menempatkan rakyat kita kembali bekerja," katanya. (A026)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011