Jakarta (ANTARA) - Berikut adalah sejumlah berita humaniora kemarin (13/4) yang menarik perhatian pembaca dan layak untuk dibaca pagi ini, di antaranya biaya ibadah haji dan Pekan Tilawatil Quran RRI.

Wapres nyatakan Ramadhan momentum membentuk pribadi "muttaqin"

Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin mengajak umat Islam menjadikan bulan suci Ramadhan sebagai momentum untuk membentuk diri menjadi pribadi yang "muttaqin" atau bertakwa dengan giat beribadah serta peduli sesama.

“Tak cukup menjadi Muslimin dan Mukminin, tapi harus menjadi orang yang muttaqin, orang yang bertakwa," katanya dalam tausyiah Ramadhan 1443 Hijriyah yang disampaikan menjelang shalat tarawih di Masjid Raya Bairurrahman, Banda Aeh, Rabu malam.

Biaya ibadah haji ditetapkan Rp39,8 juta per jamaah

Pemerintah telah menetapkan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji 1443 Hijriah/2022 Masehi sebesar Rp39.886.009 per jamaah, setelah disetujui dalam rapat Panitia Kerja Haji Komisi VIII DPR dan Kementerian Agama di Gedung DPR RI, Jakarta, Rabu.

"Rata-rata dibayar langsung oleh jamaah sebesar Rp39.886.009 per jamaah," ujar Ketua Komisi VIII DPR RI Yandri Susanto dalam rapat pembahasan BPIH yang diikuti dari Jakarta.

Wakil Presiden buka Pekan Tilawatil Quran RRI di Takengon Aceh

Wakil Presiden Ma'ruf Amin membuka Pekan Tilawatil Qur’an Ke-52 Radio Republik Indonesia (RRI) Tingkat Nasional di Takengon, Povinsi Aceh, Rabu.

Dalam sambutannya pada acara tersebut, Wapres berpesan kepada generasi pecinta Al Quran untuk berkontribusi bagi bangsa dan memberikan teladan bagi masyarakat.

Menag: Transformasi digital mesti segera diimplementasikan di madrasah

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengatakan transformasi digital mesti segera diimplementasikan di madrasah sebagai upaya meningkatkan literasi serta menyiapkan talenta-talenta di bidang teknologi.

"Akselerasi transformasi digital harus secepatnya dilakukan di lingkup pendidikan madrasah di mana sejalan dengan salah satu program prioritas Kemenag. Oleh karena itu, program Madrasah Reform harus fokus mendorong akselerasi tersebut," ujar Menag Yaqut Cholil Qoumas dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Rabu.

Per Rabu 161.932.505 warga RI telah divaksin COVID-19 lengkap

Kementerian Kesehatan RI melaporkan sebanyak 161.932.505 warga Indonesia telah mendapatkan dosis vaksin COVID-19 secara lengkap hingga Rabu.

Siaran pers Kemenkes yang diterima di Jakarta, Rabu, menyebutkan jumlah warga yang menerima dua dosis vaksin itu mengalami penambahan sebanyak 170.872 orang.

Mayoritas kota besar diprakirakan cerah berawan atau berawan

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan mayoritas kota besar di Indonesia cuacanya cerah berawan atau berawan pada Rabu siang dan malam.

Pada siang hari Kota Banda Aceh, Denpasar, Bengkulu,Yogyakarta, Jakarta Pusat, Banjarmasin, Tarakan, Jayapura, Makassar, Kendari, Padang, dan Palembang diprakirakan cerah berawan.

Pewarta: Martha Herlinawati Simanjuntak
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2022