Solo (ANTARA News) - Tim Persipura Jayapura ditahan imbang Pelita Jaya FC dengan skor 3-3 pada pertandingan turnamen SCTV Cup memeriahkan Ulang Tahun ke-88 Persis Solo, di Stadion Manahan Solo, Minggu malam.

Tiga gol Persipura dicetak Boaz Solossa pada menit ke-40, 56, dan 82, sedangkan gol Pelita Jaya dicetak oleh Greg Nwokolo menit ke-32 da 66, serta Safee Salli menit ke-10.

Pertandingan Persipura melawan Pelita yang disaksikan sekitar 1.000 penonton berjalan menarik dengan tempo cepat. Kedua tim saling melakukan serangan ke pertahanan lawan.

Pelita Jaya yang dimotori oleh Safee Salli bermain penuh semangat menekan ke pertahanan Persipura. Sejumlah peluang Pelita sering membahayakan gawang Persipura yang dipercayakan kepada kiper Yoo Jae Hoon.

Pelita mendapat peluang yang menghasilkan gol melalui kaki Safee Salli pada menit ke-10 setelah memanfaatkan dengan baik bola umpan silang Greg Nwokolo. Bola tendangan Safee itu merobek gawang Persipura sehingga kedudukan 0-1.

Persipura yang ketinggalan satu gol melakukan inisiatif penyerangan melalui Boaz Solossa dan Yustinus Paew, tetapi bola mampu dihalau barisan pertahanan Pelita Jaya Stanislan Zelev dan kawan kawan.

Bahkan, Pelita melalui serangan balik Greg Nwokolo yang lolos dari penjagaan pemain belakang lawan tinggal berhadapan dengan kiper Yoo Jae Hoon. Greg mampu mengecoh kiper dan sekali sontekan bola melesat masuk gawang Persipura, sehingga kedudukan berubah 0-2.

Persipura yang ketinggalan dua gol melakukan penekanan ke pertahanan Pelita, sehingga sejumlah peluang sering membahayakan gawang lawan.

Peluang emas Persipura yang menghasilkan gol ke gawang Pelita terjadi menit ke-40 melalui Boaz Solossa. Boaz menerima sodoran bola umpan Yohanis Tjoe di depan gawang Pelita.

Boaz langsung melakukan tembakan keras yang tidak bisa diantisipasi kiper Sasa Radivojevic sehingga mengubah kedudukan menjadi 1-2. Kedudukan 1-2 untuk Pelita Jaya itu bertahan hingga babak pertama berakhir.

Memasuki babak kedua Persipura langsung melakukan gebrakan dengan menekan pertahanan lawan, Boaz Solossa, Ian Luis Kabes, dan Alberto Gonsalves sering merepotkan barisan belakang lawan.

Persipura baru bisa menyamakan kedudukan pada menit ke-56 melalui tendangan kaki Boaz Solossa, setelah memanfaatkan bola umpan dari belakang dengan menendang melambung mengarah ke gawang Pelita dan masuk, sehingga kedudukan sama kuat 2-2.

Pelita Jaya melalui serangan balik kembali unggul 2-3 pada menit ke-66 melalui kaki Greg Nwokolo. Greg yang berhasil lolos melewati tiga pemain belakang Persipura langsung menjebloskan bola ke gawang Persipura.

Bahkan, Pelita Jaya pada menit ke-71 harus kehilangan satu pemainnya, Andesi Prabowo, yang mendapat kartu merah, setelah akumulasi dua kartu kuning akibat melakukan pelanggaran.

Boaz dan kawan-kawan kemudian semakin bersemangat untuk menyamakan kedudukan melalui serangan, baik dari kedua pemain sayap maupun lini tengah.

Persipura baru dapat menyamakan kedudukan 3-3 melalui kaki Boaz Solossa setelah memanfaatkan kesalahan kiper Pelita Sasa Radivojevic yang lepas bolanya saat mengamankan gawangnya pada menit ke-82.

Kedudukan sama kuat itu hingga wasit yang memimpin pertandingan Achmad Suparman meniup peluit panjang tanda pertandingan babak kedua berakhir.

Pelatih Persipura Jayapura Jecksen Tiago mengatakan, timnya kurang dapat menjaga emosi selama pertandingan. Tetapi pihaknya bersyukur masih bisa memasukan gol ke gawang lawan.

"Pelita merupakan salah satu calon juara musim ini," katanya.

Menurut dia, timnya masih perlu pembenahan terutama di lini belakang yang sering ada celah yang mampu dimanfaatkan lawan.

Pelatih Pelita Jaya Djadjang Nurdjaman menjelaskan, timnya bermain bagus sesuai dengan instruksikan. Mereka bermain gigih dan seharusnya dapat menang dalam pertandingan itu.

"Kami salut pemain bermain penuh semangat untuk membuahkan gol ke gawang lawan. Pemain depan Nwokolo dan Safee sudah mulai padu," katanya. (B018/M029)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011