Jakarta (ANTARA) - Indonesia tidak mengikuti semua nomor perlombaan cabang olahraga renang yang berjumlah 40 pada SEA Games Hanoi, Vietnam, 12-23 Mei.

Pelatih kepala timnas renang Albert C. Sutanto mengatakan dengan menerjunkan 16 perenang, Merah Putih hanya bisa turun pada 35 nomor saja.

"16 atlet yang tampil pada SEA Games Hanoi tidak bisa meng-cover 40 nomor lomba yang ada. Sebetulnya, kami berharap jumlah atlet yang dikirim di atas 20. Sehingga pada nomor-nomor estafet juga bisa meraih medali," ujar Albert dalam keterangan video dari KONI Pusat, Selasa.

Baca juga: PRSI rilis daftar nama 16 perenang yang bakal turun di SEA Games Hanoi

Sejak awal, Pengurus Pusat Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PB PRSI) memang menyiapkan 22 atlet untuk pesta olahraga terbesar di Asia Tenggara edisi ke-31 tersebut.

Namun cabang olahraga renang akhirnya hanya dapat kuota 16 atlet dari pemerintah dalam hal ini Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

Albert berharap ke depan, jumlah atlet yang dikirim akan lebih banyak. "Ini bisa menjadi perhatian, karena dari 22 ke 16 atlet kekuatannya jadi sangat berkurang. Atlet muda juga jadi tidak ikut untuk menimba pengalaman," ujar Albert.

Terkait target, Albert mengatakan Indonesia memiliki potensi untuk bisa membawa pulang enam hingga tujuh medali emas.

Baca juga: Timnas renang targetkan tujuh medali emas pada SEA Games Hanoi

"Namun paling besar potensinya itu ada pada empat nomor yakni 50meter dan 200meter gaya punggung putra, serta 400meter gaya ganti putra dan putri," katanya.

Pada nomor 50meter gaya punggung putra, Indonesia bakal menurunkan I Gede Siman Sudartawa meraih medali emas pada SEA Games sebelumnya di Filipina pada 2019.

Ketika itu, Siman menjadi perenang Merah Putih satu-satunya yang menyumbang emas setelah mencatatkan waktu 25,12 detik. Dia mengalahkan Quah Zheng Wen dari Singapura (25,65 detik) di posisi kedua dan Paul Le Nguyen asal Vietnam yang finis ketiga dengan 25,73 detik.

Sementara 200meter gaya punggung putra, Albert mengatakan bakal menurunkan Farrel Armandio Tangkas. Kemudian 400meter gaya ganti putra ada nama Aflah Fadlan Prawira dan untuk putri Azzahra Permatahani menjadi andalan.

Baca juga: Timnas renang matangkan persiapan di Bali untuk SEA Games Hanoi

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2022