Demonstrasi berjalan kondusif
Jakarta (ANTARA) - Polisi membuka kembali Jalan Gatot Subroto dari arah Semanggi menuju Palmerah Jakarta Barat, setelah demo mahasiswa depan gedung DPR RI membubarkan diri secara tertib pada Kamis, sekitar pukul 17.00 WIB.

Wakil Kepala Polres Metro Jakarta Barat, AKBP Setyo Koes Heriyatno di di depan gedung DPR RI Jakarta, mengatakan demo mahasiswa Kamis ini berjalan dengan aman dan kondusif.

"Demonstrasi berjalan kondusif. Teman-teman juga sudah menyampaikan tuntutannya kepada pimpinan DPR. Jadi, kami pastikan hari ini berjalan dengan aman," katanya. 

Setyo memastikan tidak ada massa penyusup yang ditangkap selama demo mahasiswa berlangsung.

Baca juga: Mahasiswa membubarkan diri setelah demonstrasi di Monas

"Tidak ada, semua berjalan aman," jelas dia.

Kawasan di sekitar depan gedung DPR RI sekitar pukul 17.50 WIB sudah bersih dari massa mahasiswa, buruh dan elemen masyarakat lainnya.

Namun, di sana sini, sampah dari aksi tersebut masih memenuhi samping Jalan Gatot Subroto, khususnya di sekitar depan gedung DPR RI. 

Sebelumnya, ratusan massa yang tergabung dalam aliansi mahasiswa dan kelompok buruh menggelar unjuk rasa di depan gedung parlemen dan Patung Kuda, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat.

Baca juga: 15 perwakilan demo mahasiswa masuk ke gedung DPR RI

Saat perwakilan mereka berorasi menyampaikan beberapa tuntutan di antaranya penolakan perpanjangan masa jabatan presiden dan menuntut pemerintah menurunkan harga sembako.
 

Pewarta: Walda Marison
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2022