Moskow (ANTARA) - Rubel Rusia menguat melewati 74 terhadap dolar di perdagangan Moskow pada Jumat, dibantu oleh perusahaan-perusahaan yang bersiap untuk membayar pajak dalam jumlah besar, sementara indeks saham naik tipis.

Pada pukul 07.29 GMT, rubel menguat 1,7 persen terhadap dolar pada 73,58 dan telah naik 1,4 persen untuk diperdagangkan pada 79,05 versus euro di Moscow Exchange.

Rubel telah sepenuhnya memulihkan kerugian yang dideritanya setelah Rusia memulai apa yang disebutnya "operasi militer khusus" di Ukraina pada 24 Februari.

Baca juga: Rubel Rusia menguat menuju 78 terhadap dolar, namun saham jatuh

Tetapi pergerakan dalam rubel yang dulunya mengambang bebas agak dibuat-buat setelah Rusia memberlakukan kontrol modal untuk mendukung mata uang tersebut. Di pasar antar bank, rubel melemah: bank menawarkan untuk membeli dolar seharga 78,61 rubel dan menjualnya seharga 79,25.

Gubernur Bank Sentral Rusia Elvira Nabiullina mengatakan Rusia sedang melihat penyesuaian pada kontrol valuta asing untuk menghindari situasi di mana nilai tukar rubel menyimpang di pasar bayangan dari kurs resmi.

Saat dia memulai tugas barunya selama lima tahun sebagai penanggung jawab kebijakan moneter, Nabiullina harus menghadapi krisis ekonomi skala penuh, mengatasi ketidakpastian yang belum pernah terjadi sebelumnya yang berasal dari sanksi Barat.

Baca juga: Kurs rubel Rusia dekati 80 terhadap dolar AS, saham jatuh

Rubel didukung oleh rekor 3 triliun rubel (39,22 miliar dolar AS) yang harus dibayar perusahaan-perusahaan dalam pajak bulan ini, menurut analis yang disurvei oleh Reuters. Untuk melakukan pembayaran, beberapa perusahaan yang berfokus pada ekspor perlu menjual mata uang asing.

Hal ini menciptakan ketidakseimbangan di pasar karena volume perdagangan tetap rendah, seperti halnya permintaan mata uang asing dari importir.

Indeks saham Rusia naik tetapi tidak memiliki momentum dan ide perdagangan baru. Indeks RTS berdenominasi dolar (IRTS) naik 1,1 persen menjadi 972,3 poin. Indeks MOEX Rusia berbasis rubel (IMOEX) naik 0,5 persen menjadi 2.281,2 poin.

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2022