Jakarta (ANTARA) - Bintang Dallas Mavericks Luka Doncic mendapatkan pelajaran berharga setelah berhasil membantu timnya melangkah ke semifinal Wilayah Barat NBA, yakni belajar untuk berbagi beban dan mempercayai rekan-rekannya.

Setelah musim lalu terhenti di putaran pertama playoff, Mavericks berhasil mengalahkan Utah Jazz 4-2 dalam Gim 6 di Vivint Arena, Salt Lake City, Kamis (28/4) waktu setempat.

"Saya senang berbagi bola. Bila lawan akan cepat menyergap saya, salah satu rekan pasti posisinya terbuka," kata Doncic selepas pertandingan dikutip dari situs resmi NBA, Jumat.

Pembagian peran itu juga terlihat jelas dengan catatan statistik akhir pertandingan di mana Doncic mengemas 24 poin, jumlah yang sama yang juga dicetak oleh Jalen Brunson.

Bahkan, penentu kemenangan Mavericks datang dari tripoin yang dilesakkan Brunson, sebelum pemain Jazz Mike Conley melakukan pelanggaran travelling di sisa lima detik dan Brunson mengkonversi satu dari dua lemparan bebas.

"Bermain dengan Luka dalam beberapa tahun terakhir, saya memang harus terbiasa mendapatkan bola tanpa diduga. Bola tiba-tiba menemukan saya," kata Brunson.

Hasil dari pembagian peran itu bukan saja Doncic merasakan semifinal wilayah pertamanya di NBA, tetapi juga Mavericks bisa melepaskan kutukan selalu terhenti di putaran pertama playoff sejak menjadi juara pada 2011 saat sang pelatih kepala Jason Kidd masih melantai.

"Semuanya tentang kepercayaan satu sama lain," kata Kidd.

"Luka tampil luar biasa dalam mengantisipasi lawan akan berusaha menutup ruang tembaknya atau merebut bola dari tangannya," ujarnya menambahkan.

Kemenangan ini menimbulkan nostalgia karena pada tanggal yang sama sebelas tahun silam, Kidd masih berseragam Mavericks dan mengalahkan Portland Trail Blazers untuk melangkah ke semifinal wilayah sebelum menjadi juara.

"Kalian membuat saya merasa tua. Kemenangan di Portland itu sudah begitu lama, dan saya ingat banyak orang berpikir kami tidak akan bisa melewati putaran pertama," ujar Kidd.

Untuk mereka ulang sejarah itu, Mavericks terlebih dulu harus menghadapi tim terbaik musim reguler Phoenix Suns di semifinal Barat yang akan diawali dengan dua gim pertama di kandang lawan pada Senin (2/5) dan Rabu (4/5).


Baca juga: Doc Rivers tegaskan Sixers siap hadapi tantangan lawan Heat
Baca juga: Chris Paul mengaku kaget bisa torehkan rekor anyar playoff NBA
Baca juga: Chris Paul torehkan rekor tembakan playoff NBA
Baca juga: Playoff NBA: Sixers, Suns dan Mavericks lanjut ke semifinal wilayah

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2022