Jakarta (ANTARA) - Pengelola Terminal Kalideres Jakarta menyebut wilayah Sumatra menjadi tujuan mayoritas para pemudik pada masa angkutan mudik Lebaran 2022, seperti Lampung, Palembang, hingga Padang.

"Saat ini masih seperti kemarin tujuan favorit itu ke Padang, Palembang, dan Lampung," ujar Kepala Terminal Kalideres Jakarta Revi Zulkarnain saat ditemui di Terminal Kalideres, Minggu.

Sejak Senin (25/4) hingga Minggu (30/4), sebanyak 13.223 penumpang telah berangkat ke berbagai tujuan melalui Terminal Kalideres.

Dari jumlah tersebut, ia tak memiliki data rinci berapa pemudik yang menuju arah Sumatra maupun Jawa.

Namun, kata dia, tujuan favorit itu diketahui dari laporan para penyedia bus. Tiket ke berbagai wilayah di Sumatra banyak dipesan oleh para pemudik secara daring sejak jauh-jauh hari.

"Jadi penyedia juga menyediakan tiket secara online (daring) lewat aplikasi, dan laporan mereka sudah banyak dipesan jauh-jauh hari," kata Revi.

Baca juga: Sebanyak 62 bus di Terminal Kampung Rambutan tidak laik jalan

Untuk Pulau Jawa, sejumlah wilayah di Jawa Tengah juga menjadi destinasi tujuan favorit para pemudik di Terminal Kalideres.

Dalam upaya mewujudkan mudik sehat dan aman, ia mengatakan, terdapat sejumlah fasilitas yang dapat dimanfaatkan pemudik di Terminal Kalideres, seperti pengecekan kesehatan, vaksinasi penguat, hingga tes antigen gratis.

"Salah satu persyaratan untuk melakukan mudik dengan bus adalah telah melakukan vaksinasi 'booster' (penguat). Kami menyediakan posko vaksinasi serta tes antigen gratis bagi yang belum vaksin dosis ketiga," kata dia.

Suasana arus mudik di Terminal Kalideres, Jakarta Barat, telah melewati puncaknya pada Jumat (29/4) atau H-3 Lebaran dengan jumlah pemberangkatan mencapai 4.172 penumpang.

Pada data angkutan Lebaran 2022 Terminal Kalideres, angka penumpang sudah jauh menurun. Pada Minggu, sejak pukul 00.00 hingga 13.00 WIB, jumlah penumpang yang berangkat dari Terminal Kalideres 192 orang.

Berbeda jika dibandingkan dengan dua hari sebelumnya jumlah penumpang menyentuh angka 1.000 orang.

Baca juga: Pemudik di Terminal Pulo Gebang turun 50 persen pada H-1 Lebaran
Baca juga: Terminal Cicaheum layani 5.718 penumpang saat puncak mudik Lebaran
Baca juga: Lebih seribu penumpang berangkat di Terminal KM-6 Kalsel


Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2022