Cikeas, Bogor (ANTARA News) - Edhi Baskoro Yudhoyono dan Siti Ruby Aliya Rajasa akan menjalani prosesi siraman dalam rangkaian upacara pernikahan mereka.

Keduanya menjalani prosesi siraman di tempat terpisah. Ibas, panggilan Edhi Baskoro akan menjalani prosesi tersebut di kediaman calon mempelai pria di Puri Cikeas pukul 15.00 WIB.

Secara bergantian, Ibas akan disirami oleh orang tua, sesepuh dan handai taulan terdekat.

Acara serupa juga dilangsungkan di rumah calon mempelai wanitia, Aliya Rajasa. Acara di rumah kediaman Menko Perekonomian Hatta Rajasa di kompleks Golf Mansion Fatmawati Jakarta Selatan akan dimulai pada 09:30 WIB.

Dari pantauan ANTARA di Puri Cikeas kediaman Presiden Yudhoyono, pengajian dan siraman akan dilakukan di pendopo kediaman Presiden. Sejumlah staf rumah tangga kepresidenan tampak menyiapkan tempak duduk para tamu dan juga tempat duduk bagi calon pengantin pria dan Presiden Yudhoyono serta Ani Yudhoyono.

Acara pengajian keluarga dilangsungkan dalam skema lesehan atau duduk di bawah. Dekorasi di Pendopo dihiasi warna putih dan warna biru.

Wartawan media cetak, radio dan televisi yang meliput kegiatan prosesi siraman tersebut di tempatkan di tenda khusus media di seberang kediaman Presiden. Halaman rumah tetangga Presiden Yudhoyono, Suratto Siswodiharjo, dipinjamkan untuk tenda media dan juga tenda tamu undangan yang tidak tertampung di Pendopo kediaman Presiden.

Menurut rencana rangkaian kegiatan pada Selasa (22/11) pada pukul 10:00 WIB akan dilangsungkan pengajian. Kemudian pada pukul 14.30 WIB akan dilakukan pemasangan Bleketepe oleh Presiden Yudhoyono. Bleketepe terbuat dari janur yang dipasang di depan rumah calon mempelai oleh orang tua calon mempelai. Bleketepe mempunyai makna bahwa sang tuan rumah tengah melangsungkan hajatan pernikahan.

(P008)

Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2011