Jakarta (ANTARA) - Pos pemeriksaan urine disiagakan di Terminal Kalideres, Jakarta Barat untuk memastikan para pengemudi bus terbebas dari paparan narkoba selama bertugas mengantar penumpang, termasuk pada masa angkutan mudik Lebaran 2022.

"Pemeriksaan tes urine dilakukan terhadap pengemudi supaya dipastikan pengemudi yang berangkat adalah pengemudi yang dalam kondisi sehat dan tidak terpapar narkoba," ujar Kepala Terminal Kalideres Revi Zulkarnain saat ditemui di Terminal Kalideres, Kamis.

Revi mengatakan pemeriksaan tersebut penting dilakukan untuk memastikan pengemudi tetap dalam kondisi prima sehingga penumpang bisa lebih aman dan nyaman selama perjalanan menggunakan moda transportasi bus.

Baca juga: Peningkatan arus balik belum terjadi di Terminal Kalideres

Dalam menjalankan kegiatan rutin tersebut, pengelola Terminal Kalideres bekerja sama dengan Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Suku Dinas Kesehatan Jakarta Barat, Puskesmas, dan Badan Narkotika Nasional (BNN) DKI Jakarta.

Revi mengatakan apabila terdapat pengemudi bus yang terpapar narkoba, pihaknya akan langsung melarang yang bersangkutan untuk memberangkatkan bus dan menyerahkannya ke pihak berwenang.

"Kita panggil pengurusnya supaya membuat surat pernyataan tidak memberangkatkan pengemudi tersebut dan menggantinya dengan supir cadangan. Kemudian sopir (yang terpapar narkoba) diproses," kata dia.

Namun, Revi mengungkapkan bahwa hingga saat ini belum ada pengemudi bus yang teridentifikasi menggunakan obat-obatan terlarang.

Salah satu pengemudi bus, Harta, menyambut baik langkah antisipatif pengelola Terminal Kalideres yang secara berkala mengecek kesehatan para pengemudi.

Selain pengecekan urine, para pengemudi bus juga menjalani tes tekanan darah dan gula darah. Pengemudi juga diminta untuk melakukan tes keseimbangan dengan berdiri menggunakan satu kaki.

"Ya bagus, jadi pengemudi juga tahu kondisi kesehatannya seperti apa. Kalau hasilnya bagus, kami juga tenang," kata dia.

Terminal Kalideres di Jakarta Barat kebanyakan memberangkatkan dan menerima kedatangan bus dengan tujuan Sumatera yaitu Lampung, Palembang, Padang, Medan, Bengkulu, Aceh, Pekanbaru.
 
Terdapat pula bus tujuan Jawa seperti Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur dan bus tujuan Bali serta Nusa Tenggara Barat.

Baca juga: Lonjakan arus balik di Terminal Kalideres mulai terlihat

Baca juga: Petugas terus siaga di Terminal Kalideres antisipasi arus balik

Baca juga: Terminal Kalideres antisipasi peningkatan arus balik pada Sabtu

Pewarta: Fathur Rochman
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2022