Jayapura (ANTARA) - Menyambut HUT ke-59, Kodam XVII/Cenderawasih, sejumlah kegiatan dilaksanakan termasuk menggelar bakti sosial yang pembukaannya dilakukan Kepala Staf Kodam XVII/Cendrawasih, Brigadir Jenderal TNI R Sidharta Wisnu Graha.

Pembukaan kegiatan diawali dengan melakukan pembersihan di seputaran pusat kota Jayapura dengan melibatkan sekitar 700 personel TNI-Polri dan satuan samping. Adapun kegiatan yang dilaksanakan menyambut HUT ke-59 Kodam XVII/Cendrawasih, di antaranya donor darah, karya bakti, turnamen golf, ziarah, dan syukuran yang dilaksanakan di Jayapura, Papua, Selasa (17/5).

Baca juga: Kodam XVII/Cenderawasih pastikan keamanan di Papua kondusif

Seusai pembukaan bakti sosial yang diawali dengan membersihkan kawasan Taman Imbi, Graha mengatakan, HUT ke 59 komando teritorial TNI AD itu mengusung tema Kodam XVII/Cenderawasih bersama masyarakat Papua menyongsong kehidupan yang aman dan damai.
 
"Untuk itu semua pihak bertanggung jawab menjaga lingkungan yang bersih sehingga masyarakat sehat dan sejahtera, karena kebersihan itu adalah bagian dari hidup manusia,' kata dia.

Baca juga: Pangdam Cenderawasih beri alat pertanian untuk warga Kampung Yagara
 
Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekretaris Jenderal Jayapura, Widhi Hartanti, menghargai karya bakti yang dilakukan Kodam XVII/Cenderawasih dan jajarannya karena ikut membantu Pemerintah Kota Jayapura dalam hal kebersihan lingkungan.

Baca juga: Panglima Kodam XVII/Cenderawasih terima kunjungan pemuda Tabi

Kebersihan bukan tanggung jawab semata dari Pemerintah Kota Jayapura tetapi tugas semua pihak sehingga menyambut baik apa yang dilakukan Kodam XVII/Cenderawasih. "Apa yang dilakukan Kodam XVII/Cenderawasih menjadi inspirasi kita bersama dan masyarakat untuk peduli terhadap lingkungan khususnya kebersihan,” kata dia.

Baca juga: Pangdam XVII: Komnas HAM diajak melihat kejadian di Papua secara riil

Pewarta: Evarukdijati
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2022