Jakarta (ANTARA) - Tim catur rapid putri Indonesia membuka peluang meraih medali emas SEA Games Hanoi, Vietnam setelah hasil apik pada babak pertama hingga ketiga di Gedung Quang Ninh Exhibition Center, Halong City, Vietnam, Rabu.

Indonesia mengawali babak pertama berhadapan dengan Malaysia. Dua pecatur Merah Putih yang turun berhasil meraih kemenangan. Pada papan 1, IM Medina Warda Aulia mengalahkan WFM Tan Li Ting. Kemudian di papan 2, WIM Ummi Fisabilillah menundukkan WCM Sim Jia Ru. Sehingga skor pun 2-0.

Pada babak kedua, wakil Indonesia kembali tampil baik saat berhadapan dengan Vietnam. IM Medina yang memainkan buah putih mengalahkan IM Le Thao Nguyen Pham. Sementara WIM Ummi meraih hasil remis saat melawan WGM Thi Kim Phung Vo. Skor akhir adalah ½-½.

Kemudian pada babak ketiga, Indonesia bertemu Filipina dan meraih hasil imbang 1-1. IM Medina bermain remis melawan WGM Janelle Mae Frayna. Pun demikian dengan WIM Ummi yang remis melawan Marie Antoinette Sandiego.

Hasil ini menjadi modal bagi Indonesia untuk membuka peluang meraih medali emas. Indonesia akan melanjutkan perjuangan, besok.

Baca juga: Selain emas, catur klasik juga bawa pulang dua perak SEA Games 2021

Pada babak keempat Indonesia mendapat bye. Sedangkan pada babak kelima akan berhadapan dengan Thailand.

Sementara itu pada sektor putra, tim catur rapid Indonesia ppada babak pertama kalah dari Vietnam. Di papan 1, GM Novendra Priasmoro kalah dari GM Le Quang Liem (Vietnam) dan di Papan 2 IM Yoseph Taher menahan remis GM Tran Tuan Minh. Skor regu ½–1½

Kemudian pada babak kedua Indonesia menang atas Malaysia. Papan 1 Novendra remis melawan FM Wong Yinn Long dan papan 2 Yoseph Taher menaklukkan FM Lim Zhuo Ren. Skor regu 1½-½

Pada babak ketiga, Indonesia meraih hasil imbang atas Thailand. Pada papan 1, Novendra ditaklukkan FM Kulpruethanon Thanadon. Untungnya, papan 2 Yoseph Taher menundukkan Arunnuntapanich Tinnakrit hingga skor berakhir 1-1

Selanjutnya, Novendra dan Yoseph Taher akan berjumpa dengan Filipina pada babak keempat, kemudian dilanjutkan menghadapi Myanmar.

Baca juga: Anggar Indonesia kandas di delapan besar sabre beregu putri SEA Games

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2022