Los Angeles (ANTARA News) - Film bisu "The Artist" dan film 3D "Hugo" memimpin nominasi film Critics' Choice Award yang akan menjadi ajang pemanasan bagi para calon penerima Oscar, lapor Reuters, Kamis.

Kedua film berkisah cinta ini mendapatkan 11 nominasi, termasuk untuk kategori film terbaik dan sutradara terbaik untuk para sutradaranya Michel Hazanavicius ("The Artist") dan Martin Scorsese ("Hugo").

Film terlaris (box-office) musim panas lalu "The Help" dan film eksyen "Drive" yang dibintangi Ryan Gosling menyusul dengan delapan kategori, sementara film drama keluarga "The Descendants" yang dibintangi George Clooney dan film keluarga garapan sutradara Steven Spielberg "War Horse" memperoleh tujuh nominasi. Keempat film itu juga berada di deretan 10 film yang dicalonkan sebagai film terbaik.

Clooney, Brad Pitt ("Moneyball") dan Viola Davis ("The Help") menjadi calon-calon aktor terbaik, sedangkan pada calon aktris terbaik berderet diantarranya nama Meryl Streep yang memerankan mantan PM Inggris Margaret Thatcher dalam "The Iron Lady", dan Michelle Williams dalam "My Week with Marilyn."

Penominasaian ini diumumkan oleh Broadcast Film Critics Association yang adalah organisasi kritikus film terbesari di Amerika dan Kanada.

Penghargaan ini beriringan dengan pilihan Screen Actors Guild yang diumumkan Kamis WIB ini untuk kategori film terbaik 2011, dan nominasi Golden Globe yang diumumkan Sabtu WIB nanti.

Anugerah-anugerah pengantar ini membantu menyempitkan pemilihan para aktor, sutradara dan penulis film yang akan bersaing mendapatkan Oscars, demikian Critics' Choice Award. 

Nominasi Oscar akan diumumkan pada 24 Januari 2012, sedangkan pengumuman pemenang disampaikan pada 26 Februari.

Nomini lain untuk kategori film terbaik pilihan Critics' Choice adalah film garapan Woody Allen "Midnight in Paris" dan film arahan sutradara Terrence Malick "The Tree of Life".

Christopher Plummer, yang populer di anugerah-anugerah Critics' sebelumnya, memperoleh satu tempat nominasi untuk kategori aktor pembantu terbaik setelah memerankan seorang gay di usia tua dalam "Beginners".

Pendatang baru Jessica Chastain dinominasikans sebagai aktris pembantu terbaik atas perannya sebagai pelayan kulit hitam di era 1960an dalam "The Help".

Pada 12 Januari, Anugerah Critics' Choice akan diserahkan kepada para pemenanganya melalui sebuah seremoni di Hollywood.

Penerjemah: Jafar M Sidik
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2011