Tingkatkan terus prestasi yang telah diraih
Jakarta (ANTARA News) - Empat kota yakni Palembang, Banjar di Jawa Barat, Semarang, dan Malang meraih penghargaan Pemerintah Daerah Inovatif atau "Innovative Government Award" (IGA) 2011 dari Kementerian Dalam Negeri.

Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi menyerahkan langsung penghargaan tersebut kepada Wali Kota Palembang Eddy Santana Putra, Wali Kota Banjar Herman Sutrisno, Wali Kota Semarang Soemarmo, dan Wali Kota Malang Peni Soeparto di Jakarta, Kamis.

Penghargaan ini diberikan atas inovasi dari pemerintah kabupaten/kota untuk memajukan daerah dan meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya.

Kota Palembang meraih IGA 2011 untuk kategori tata kelola pemerintahan. Kemudian, Kota Semarang meraih penghargaan untuk kategori pemberdayaan masyarakat, Kota Banjar untuk kategori pelayanan publik, dan Kota Malang mendapat penghargaan untuk kategori daya saing daerah.

IGA diberikan sebagai bentuk apresiasi bagi kepala daerah yang dipandang telah berhasil melakukan upaya-upaya strategik inovatif dalam kepemimpinan daerah yang bermanfaat bagi publik dan meningkatkan kemandirian daerah.

Program inovasi yang dilakukan pemerintah daerah harus sesuai dengan karakteristik masalah dan spesifikasi kebutuhan masyarakat di daerah. Pemerintah daerah juga harus mampu meningkatkan kemandiriannya melalui berbagai inovasi.

Mendagri mengatakan penghargaan yang diterima empat kota ini diharapkan mampu memicu daerah-daerah lainnya untuk meciptakan inovasi-inovasi. Ia pun berpesan agar daerah yang telah menang untuk mempertahankan prestasinya.

"Tingkatkan terus prestasi yang telah diraih," katanya.

Gamawan mengatakan program IGA yang diselenggarakan setiap tahun ini akan terus ditingkatkan, sehingga dapat menginspirasi daerah untuk berinovasi dalam mengatasi permasalahan yang dihadapi dalam proses penyelenggaraan pemerintahan daerah.

"Ke depan kita akan kembangkan lagi modelnya," kata Mendagri setelah memberikan penghargaan.

Kemdagri, ujarnya, akan selalu mendorong pemerintah daerah untuk berinovasi dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah untuk meningkatkan kemajuan daerah dan kesejahteraan masyarakat dengan tetap berpedoman pada peraturan perundang-undangan yang ada.

Sementara itu, sebelumnya Kemdagri menetapkan 30 kabupaten/kota yang masuk dalam daftar nominasi terpilih penerima IGA 2011 dari 88 kabupaten/kota. Selanjutnya, dari 30 kabupaten/kota tersebut dipilih 12 kabupaten/kota unggulan, sebelum kemudian ditetapkan empat kabupaten/kota sebagai pemenang.

(H017/M019)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011