Abu Dhabi (ANTARA News) - Euro akan berkinerja lebih baik tahun ini, Ketua Bank Sentral Eropa mengatakan pada Kamis, mencatat bahwa, sementara zona euro menunjukkan tanda-tanda stabilisasi ekonomi.

"Saya yakin bahwa euro akan berada dalam bentuk yang lebih baik pada tahun 2012," Mario Draghi mengatakan kepada wartawan setelah pertemuan antara gubernur bank sentral Eropa dan Teluk di Abu Dhabi, lapor AFP.

Ia mengatakan ia yakin karena kemajuan "yang telah dicapai pada dua akar penyebab situasi sekarang, yaitu tidak adanya disiplin fiskal dan kurangnya reformasi struktural."

Sebelumnya, ia mengatakan "kami telah melihat tanda-tanda tentatif dari stabilisasi kegiatan ekonomi pada tingkat rendah di zona euro, sambil menambahkan bahwa "kami melihat sebuah pelunakan siklus bisnis di Eropa dengan risiko penurunan yang signifikan."

Ditanya tentang pengaruh penurunan peringkat kredit dari negara Uni Eropa oleh lembaga pemeringkat, Draghi mengatakan ketergantungan pada lembaga-lembaga itu harus dikurangi.

"Mengingat reputasi mereka dan bagaimana reputasi ini telah dirugikan selama krisis, saya kira kita semua ... harus belajar untuk hidup tanpa peringkat," katanya.

"Dengan kata lain, memproduksi peringkat kita sendiri, di mana lembaga pemeringkat kredit akan terus mengeluarkan peringkat mereka tetapi mereka pasti hanya salah satu dari banyak masukan yang membentuk penghakiman terakhir kita dalam menilai kelayakan kredit negara-negara tertentu," tambahnya.

Draghi berbicara sehari setelah Jean-Claude Juncker, Perdana Menteri Luksemburg yang mengepalai Eurogroup, mengatakan Bank Dunia telah memangkas perkiraan pertumbuhan global.

"Di zona euro kita berada di ambang resesi teknis," katanya,

mengacu pada istilah yang digunakan untuk dua kuartal berturut-turut mencatat penurunan PDB.

Pada Selasa, Bank Dunia memangkas proyeksi pertumbuhan 2012 dari 3,6 persen menjadi 2,5 persen dan memperingatkan bahwa masalah utang negara-negara kaya masih mungkin menuai krisis yang lebih buruk dari kekacauan pada 2008. (A026)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2012