Manado (ANTARA) - Pangdam XIII/Merdeka, Mayor Jenderal TNI Denny Tuejeh, mengatakan, Mobile Training Team atau MTT penataran hukum, dimaksudkan untuk mengoptimalkan fungsi hukum dalam mendukung tugas satuan di lingkungan TNI AD.

"Yakni dengan meningkatkan pemahaman para komandan sebagai atasan yang berhak menghukum maupun perwira penyerah perkara staf pejabat personel dan intelijen/pengamanan dalam menangani permasalahan hukum yang terjadi di satuan," kata dia, dalam sambutan tertulis dibacakan Kepala Staf Panglima Kodam XIII/Merdeka, Brigadir Jenderal TNI M Luthfie Beta, di Manado, Senin.

Baca juga: Kodam XIII/Merdeka tingkatkan kemampuan intelijen prajurit

Penataran hukum fungsi komando ini, kata Beta mengutip sambutan, dapat menjadi wahana bagi para komandan satuan dan para pejabat pers, intel/pam satuan jajaran Kodam XIII/Merdeka dalam mengoptimalkan fungsi Hukum di satuannya. "Sehingga setiap permasalahan hukum prajuritnya dapat segera diselesaikan untuk mencegah timbulnya masalah baru yang tidak perlu," katanya.

Ia menyatakan, kepada para peserta wajib mengikuti dan menyimak seluruh materi yang disampaikan oleh tim MTT dengan sebaik-baiknya. "Jadikan penataran ini sebagai sarana untuk saling bertukar pikiran, berbagi pengetahuan serta pengalaman guna menemukan solusi dalam memecahkan berbagai permasalahan hukum di satuan masing-masing," katanya.

Baca juga: Brigjen TNI Mochammad Luthfie Beta jabat Kasdam XIII/Merdeka

Kegiatan MTT yang diikuti 40 peserta dari berbagai satuan jajaran Kodam XIII/Merdeka termasuk komandan Kodim dan batalion dan setingkat, pejabat personel dan intelijen/pengamanan jajaran Kodam XIII/Merdeka, pada 13-15 Juni 2022.

Pembukaan MTT ditandai pemasangan tanda peserta oleh Beta kepada perwakilan peserta. .

Pada MTT penataran hukum sebagai fungsi komando tersebut peserta akan dibekali materi tentang, kewenangan perwira penyerah perkara dan atasan yang berhak menghukum, penyelesaian perkara tindak pidana di lingkungan TNI AD, penyelesaian perkara hukum disiplin PNS, hukum administrasi militer dan pertanggungjawaban komando.

Baca juga: Panglima TNI: Pembinaan teritorial operasi utama di Kodam XIII/Merdeka

Hadir pada kegiatan tersebut Inspektur Jenderal XIII/Merdeka, Brigadir Jenderal TNI Denny Masengi, Kepala Kelompok Staf Ahli Panglima Kodam XIII/Merdeka, Briggadir Jenderal TNI, EJ Lumintang, Ketua Tim MTT Ditkumad, Kolonel CHK M Syaiful Kustiawan, para asisten kepala staf panglima Kodam XIII/Merdeka, dan lain-lain. 

Pewarta: Jorie MR Darondo
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2022