Makassar (ANTARA) - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Sulawesi Selatan (Kemenag Sulsel) H Khaeroni mengatakan, embarkasi Makassar sudah siap menerbangkan jamaah calon haji dari Asrama Haji Sudiang Makassar.

"Secara umum kami sudah siap melaksanakan seluruh rangkaian pemberangkatan jamaah haji Embarkasi Makassar," kata Khaeroni selaku Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Makassar di Makassar, Selasa.

Dia menjelaskan, sebanyak 393 calon haji Kloter pertama akan masuk Asrama Haji Sudiang Makassar, Kamis (16/6), yang terdiri dari jamaah haji asal Kota Makassar 209 orang, Kota Parepare 61 Orang, Soppeng 119 Orang, ditambah 4 orang Petugas Haji Kloter (TPHI, TPIHI, dokter dan perawat) tetap dengan menerapkan protokol Kesehatan.

"Mereka semua harus melalui proses pemeriksaan kesehatan terlebih dahulu," katanya.

Baca juga: JCH termuda di Sulsel dari kabupaten Sinjai

Baca juga: Kemenag sebut estimasi daftar tunggu haji Luwu Timur-Sulsel 30 tahun


Situasi Asrama Haji Sudiang Makassar sudah dalam posisi siap menyambut, menerima dan memberangkatkan jemaah haji dalam kondisi sehat dan terbebas dari paparan COVID-19.

“Saya yakin jamaah yang akan masuk asrama haji dalam kondisi sehat dan terbebas dari COVID-19, dan kami lebih baik menegaskan lebih awal demi melindungi semua jamaah haji,” ujarnya.

Dengan slogan ‘Mabrur, Sehat, Barokah’, Khaeroni mengajak para jamaah haji untuk beribadah dengan senang dan riang, tidak usah pikir macam macam, fokus saja dengan niat awal kita untuk melaksanakan Ibadah Rukun Islam Kelima, imbau Khaeroni

Kakanwil lalu menjelaskan kesiapan para petugas haji untuk melayani Jemaah. Mereka sudah didukung database digital urutan keberangkatan dan informasi lain terkait pergerakan jemaah. Kloter pertama dan kloter-kloter berikutnya sudah selesai, termasuk validasi dokumen.

“Proses digitalisasi dokumen saat ini dilakukan guna membantu proses visa dan paspor selesai lebih cepat, sehingga ada akselerasi pelayanan," kata Khaeroni.*

Baca juga: PPIH Embarkasi Makassar persiapkan pemberangkatan kloter pertama CJH

Baca juga: Kemenag Sulsel: Jamaah Calon Haji masuk asrama 3 Juni 2022

Pewarta: Suriani Mappong
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022