Jakarta (ANTARA) - Director of External Affairs Pluang, Wilson Andrew, mengatakan kesadaran keuangan digital mutlak diperlukan generasi muda, sehingga Pluang sebagai mitra resmi Y20 ikut mendorong representasi suara pemuda lewat rekomendasi kebijakan yang dihasilkan di Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Y20.

KTT Y20 akan dilaksanakan di Jakarta dan Bandung pada 17-24 Juli 2022. Masyarakat global dapat berpartisipasi dalam perhelatan ini dengan mengakses Y20 Virtual Expo yang akan dibuka sepanjang KTT Y20.

"Kami berharap lewat rekomendasi kebijakan hasil KTT Y20, kesadaran akan layanan keuangan digital di negara-negara anggota G20 bisa semakin merata dan masyarakat bisa memaksimalkan potensi finansialnya dengan optimal," ucap Wilson dalam keterangan resmi di Jakarta, Rabu.

Ia berpendapat literasi keuangan masyarakat Indonesia masih berada pada tahap dimana menabung dan investasi dianggap sebagai hal yang eksklusif, sehingga transformasi digital memiliki dampak positif terhadap kesadaran keuangan di Tanah Air.

Rangkaian KTT Y20 akan menghasilkan deklarasi anak muda yang menjadi rekomendasi strategis untuk para kepala negara perwakilan G20 dan disampaikan pada KTT G20 di bulan November 2022.

Rekomendasi tersebut merupakan hasil kegiatan pra-KTT dan serap aspirasi yang melibatkan anak-anak muda di Palembang, Lombok, Balikpapan dan Manokwari berkenaan isu-isu prioritas seperti ketenagakerjaan pemuda, transformasi digital, planet yang berkelanjutan dan layak huni, serta keberagaman dan inklusi.

Perwakilan suara pemuda Indonesia dan delegasi Y20 dari negara-negara G20 diharapkan bisa memberikan rekomendasi kebijakan yang inklusif dan memberikan dampak positif untuk masa depan berkelanjutan.

“Pluang berharap rekomendasi kebijakan KTT Y20 ini dapat menjadi katalis laju inklusi keuangan digital dan menjadi referensi bagi para pemimpin negara G20 dalam membentuk kebijakan transformasi dan keuangan digital di masa depan," kata Wilson.

Sementara itu, Co-chair Y-20 Indonesia 2022 Michael Victor Sianipar mengatakan para pemuda Indonesia dengan bangga menunjukkan kekuatan institusi demokrasi, pembangunan perekonomian, dan keberagaman Indonesia kepada dunia dalam acara KTT Y20.

"Dari Jakarta dan Bandung, kami harap para delegasi dunia merasakan keberagaman Indonesia dan optimisme para pemudanya,” ungkap Michael.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil turut menyatakan antusiasme mereka dalam menyambut penyelenggaraan KTT Y20.

Berbicara mengenai kontribusi anak muda, Anies menjelaskan bahwa Jakarta telah lama melibatkan anak muda dengan berbagai inovatifnya dalam pelaksanaan kebijakan kota, seperti pembangunan infrastruktur transportasi di Jakarta dan jejaring pengembangan UMKM anak muda di Jakpreneur.

Seiring dengan itu, Ridwan Kamil menuturkan bahwa Bandung juga mengedepankan keterlibatan anak muda di Jabar Future Leader. Dirinya berharap rekomendasi KTT Y20 dapat memberikan landasan pembangunan daerah yang inklusif di masa depan.
Baca juga: Startup Pluang dukung isu inklusi keuangan digital di forum Y20

Pewarta: Agatha Olivia Victoria
Editor: Slamet Hadi Purnomo
Copyright © ANTARA 2022