Jakarta (ANTARA) - Kementerian Kesehatan RI memfasilitasi layanan vaksinasi dosis penguat atau booster di pagelaran Pekan Raya Jakarta (PRJ) atau Jakarta Fair 2022 di Hall B2, JIExpo Kemayoran, Jakarta.

"Terima kasih sudah membangun booth Kemenkes di PRJ. Ini untuk mendekatkan program kepada masyarakat," kata Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Selasa.

Budi mengatakan vaksin booster berguna untuk meningkatkan imunitas tubuh serta mencegah masuk rumah sakit akibat gejala berat saat terinfeksi COVID-19.

Booth tersebut diisi berbagai informasi mengenai transformasi digital kesehatan sekaligus menyediakan layanan kesehatan gratis seperti vaksinasi booster COVID-19, teknologi kesehatan virtual reality, pemeriksaan kesehatan, hingga edukasi transformasi teknologi kesehatan.

Tak hanya itu, berbagai permainan olahraga yang menguras keringat pengunjung juga tersedia. Semua layanan bisa diakses pengunjung secara gratis.

"Selain menampilkan program-program Kemenkes, kami juga memberikan layanan kesehatan gratis seperti cek HB, cek kolesterol dan vaksinasi," katanya saat meninjau lokasi layanan di PRJ.

Baca juga: Vaksinasi penguat jadi syarat masyarakat beraktivitas di ruang publik

Baca juga: Pemberian dosis penguat menyesuaikan ketersediaan


Pemeriksaan kesehatan tersebut bisa didapatkan di Hall B2 nomor 11, 11B, 12, dan 12A mulai pukul 16.00 sampai 22.00 WIB pada hari Senin sampai Jumat. Sedangkan, di hari Sabtu sampai Minggu pukul 11.00 sampai 19.00 WIB.

“Jadi sambil belanja, sambil memeriksakan kesehatan atau vaksin booster juga disini,” katanya.

Menkes mengimbau para pengunjung booth PRJ untuk tetap disiplin protokol kesehatan seperti memakai masker dan menghindari kerumunan serta menyegerakan vaksinasi dosis lengkap maupun booster COVID-19 yang disediakan di beberapa titik di Jakarta Fair.

“Untuk para pengunjung Jakarta Fair, jangan lupa selalu disiplin menggunakan masker dan cari tempat untuk booster,” katanya.

Baca juga: Satgas terbitkan edaran seluruh pelaku perjalanan wajib booster

Baca juga: Satgas minta orang tua tidak ajak anak berlibur jika belum booster

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2022