kader pramuka dan masyarakat harus terus menjaga bumi
Pasuruan (ANTARA) -
Pemerintah Kabupaten Pasuruan Jawa Timur menggalakkan gerakan menanam pohon sebagai upaya untuk menjaga kelestarian lingkungan hidup di wilayah kabupaten setempat.
 
Plh. Bupati Pasuruan Mujib Imron dalam keterangan pers di Pasuruan, Jumat mengatakan kepedulian kader kepanduan terhadap lingkungan bagian dari sistem nilai yang didasarkan Tri Satya dan Dasa Dharma Pramuka.
 
"Di antaranya dapat dilakukan dengan menggalakkan gerakan menanam pohon," katanya di sela kegiatan Aksi Peduli Lingkungan (Pramuka Jatim Menanam) di Pusat Latihan Tempur (Puslatpur) Marinir III Grati.
 
Ia mengatakan, sudah sepatutnya kepedulian terhadap lingkungan tersebut terus dijaga agar dapat dilaksanakan secara persisten.
 
Didampingi jajaran pimpinan Saka Bahari Pasuruan dan Pengurus Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Timur, Gus Mujib sapaannya menyampaikan ajakannya untuk senantiasa peduli terhadap lingkungan hidup.
 
"Kami harapkan, kader pramuka dan masyarakat harus terus menjaga bumi," ujarnya.

Baca juga: 100 Pramuka dampingi Presiden tanam sejuta pohon
 
Ia mengatakan, dengan menjaga lingkungan berarti memperlambat kerusakan alam.
 
"Insya Allah dengan semangat membara, begitu juga atas anjuran dan perintah Rasulullah untuk peduli lingkungan. Barang siapa yang peduli lingkungan maka akan mendapatkan pahala dari Allah SWT,” ujar Gus Mujib.
 
Gus Mujib juga berharap agar program tersebut mampu mewujudkan peran gerakan Pramuka sebagai organisasi pendidikan yang melaksanakan beragam kegiatan pelestarian lingkungan hidup.
 
Termasuk membangun kesadaran dan kepedulian tentang pentingnya pelestarian lingkungan hidup untuk generasi di masa mendatang.
 
"Kegiatan tanam pohon hari ini kami harapkan bisa mendorong perubahan perilaku mengelola lingkungan secara berkelanjutan. Untuk generasi sekarang dan mendatang yang peduli dan ramah lingkungan,” ujar Plh. Bupati sekaligus Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Pasuruan tersebut.
 
Ia menambahkan, Gerakan Pramuka sebagai wadah pembinaan anggota muda berpotensi besar dalam menjaga memelihara dan mengelola lingkungan hidup ke arah yang lebih baik.
 
"Sekaligus memberikan manfaat pengetahuan kepada anggotanya terutama sikap peduli terhadap lingkungan merupakan kewajiban setiap Pramuka," ujarnya.

Baca juga: Tokoh: Pramuka jadi agen perubahan lingkungan hadapi pandemi COVID-19

Pewarta: Indra Setiawan
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2022