Banjarmasin (ANTARA) - Politeknik Negeri Sriwijaya (Polsri) Palembang, Sumatera Selatan, menjadi juara umum pada Pekan Olahraga dan Seni (Porseni) ke-13 Politeknik se-Indonesia Tahun 2022, yang di Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, 13-20 Juli.

Kontingen Polsri meraih 60 medali, yakni 27 medali emas, 15 perak dan 19 perunggu, hingga ditutupnya gelar Porseni tersebut di Kampus Politeknik Negeri Banjarmasin (Poliban) Kalsel, Rabu malam.

Polsri menyisihkan 50 politeknik yang mengikuti ajang olahraga paling akbar politeknik setiap dua tahun sekali tersebut.

Sementara itu juara dua perolehan medali emas terbanyak diraih kontingen Politeknik Negeri Pontianak, dengan 11 emas, enam perak dan 12 perunggu.

Selanjutnya juara tiga Politeknik Negeri Malang dengan raihan sembilan emas, 12 perak dan 15 perunggu. Juara empat Politeknik Negeri Bandung dengan sembilan emas, lima perak dan delapan perunggu.

Kemudian juara lima Politeknik Negeri Jember dengan enam emas, 10 perak dan 13 perunggu. Keenam diraih Politeknik Negeri Samarinda dengan enam emas, lima perak dan empat perunggu. Posisi ketujuh diduduki Politeknik Negeri Batam dengan enam emas, dua perak dan lima perunggu.

Selanjutnya juara delapan Politeknik Negeri Banjarmasin dengan lima emas, delapan perak dan tujuh perunggu. Kesembilan Politeknik Negeri Bali dengan lima emas, dua perak dan lima perunggu. Kesepuluh Politeknik Negeri Jakarta dengan empat emas, lima perak dan 10 perunggu.

Ketua Badan Koordinasi Pimpinan Kemahasiswaan Politeknik se-Indonesia Iwa Sudrajat menyatakan gelar Porseni ke-13 Politeknik se-Indonesia 2022 tergolong sukses.

Dia menyampaikan selamat kepada Politeknik Negeri Banjarmasin yang sudah dengan baik menggelar ajang itu hingga berjalan lancar, sukses dan penuh prestasi.

Demikian pula, dia menyampaikan selamat kepada Politeknik Negeri Sriwijaya yang menjadi juara umum.

"Selanjutnya kita kembali bertemu di Porseni ke-14 di Malang pada 2024," ujarnya.

Sementara itu, Direktur Poliban Kalsel Joni Riadi menyampaikan terima kasih kepada semua kontingen yang sudah berpartisipasi hingga Porseni ini berjalan sukses.

Sebagai tuan rumah, Joni menyampaikan maaf jika ada kekurangan dalam kegiatan ini, namun pihaknya sudah berusaha maksimal agar semua terlayani dengan baik.

"Segala pujian yang kita terima pada pelaksanaan ini adalah kerja semuanya," ujarnya.

Pada ajang Porseni ke-13 Politeknik se-Indonesia 2022 dipertandingkan 15 cabang olahraga dan tujuh cabang seni.

Untuk 15 cabang olahraga, yakni bola voli indoor, futsal, taekwondo, pencak silat, karate, panjat dinding, atletik, bola basket, bridge, bulutangkis, catur, e-sport, kempo, tenis meja dan bola voli pasir.

Kemudian sebanyak tujuh cabang seni, yakni fotografi, kaligrafi, karikatur, monolog, puisi, menyanyi solo dan stand up.

Pewarta: Sukarli
Editor: Masuki M. Astro
Copyright © ANTARA 2022