Frankfurt (ANTARA) - Bank Sentral Eropa (ECB) akan menaikkan suku bunga untuk pertama kalinya dalam 11 tahun pada Kamis dengan langkah yang lebih besar dari yang diisyaratkan semakin mungkin, karena para pembuat kebijakan takut kehilangan kendali atas pertumbuhan harga konsumen yang tidak terkendali.

Dengan inflasi yang sudah mendekati wilayah dua digit, sekarang berisiko mengakar di atas target 2,0 persen ECB, membutuhkan kenaikan suku bunga bahkan jika itu melambat - atau crash - ekonomi yang sudah menderita akibat dampak perang Rusia di Ukraina.

Tetapi pembuat kebijakan tampak jauh dari bersatu tentang seberapa cepat ECB harus bergerak dengan beberapa orang berpendapat bahwa itu sudah jauh di belakang kurva, terutama dibandingkan dengan rekan-rekan global seperti Federal Reserve AS, sementara yang lain menunjukkan resesi yang mengancam ECB berisiko memperburuk.

Bank sampai saat ini hanya memberi sinyal kenaikan 25 basis poin untuk diikuti oleh langkah yang lebih besar pada September, tetapi sumber yang dekat dengan diskusi mengatakan kenaikan 50 basis poin juga akan dibahas pada Kamis karena prospek inflasi memburuk dengan cepat.

Ekonom yang disurvei oleh Reuters memperkirakan hanya kenaikan 25 basis poin tetapi sebagian besar mengatakan bank harus benar-benar menaikkan 50 basis poin, mengangkat rekor terendah minus 0,5 persen suku bunga simpanan menjadi nol.

Memperumit keputusan, penurunan euro baru-baru ini ke level terendah dua dekade terhadap dolar juga meningkatkan tekanan inflasi, menambah kasus kenaikan suku bunga yang lebih besar bahkan jika itu pada akhirnya merugikan pertumbuhan.

Namun, peningkatan yang lebih besar akan membutuhkan ECB untuk melindungi lebih banyak negara berutang seperti Italia atau Spanyol dari melonjaknya biaya pinjaman, sehingga kesepakatan pada skema pembelian obligasi baru, yang sudah hampir tercapai menurut sumber, juga akan dibutuhkan.

Ketika suku bunga naik, biaya pinjaman di pinggiran blok sering meningkat secara tidak proporsional dan ECB telah berjanji untuk melawan fragmentasi semacam ini dengan instrumen baru.

Meskipun tidak semua detail alat ini diharapkan akan diumumkan, ketua ECB Christine Lagarde kemungkinan akan membuat komitmen yang kuat dan harus menawarkan pasar keuangan setidaknya beberapa hal spesifik termasuk pada persyaratan untuk memicu bantuan ECB.

Pada Juni, ketika dia hanya membuat komitmen yang tidak jelas, investor segera menantang ECB, mendorong imbal hasil Italia ke level tertinggi dalam satu dekade, memaksa ECB ke dalam pertemuan kebijakan darurat dan janji yang lebih kuat.

ECB akan mengumumkan keputusan kebijakannya pada pukul 12.15 GMT, 30 menit lebih lambat dari sebelumnya, sementara konferensi pers Lagarde dijadwalkan pada pukul 12.45 GMT, 15 menit lebih lambat dari sebelumnya.

Seiring dengan kenaikan suku bunga, ECB juga akan memberi sinyal serangkaian kenaikan berikutnya. Bank sudah menandai kenaikan 50 basis poin untuk September dan itu kemungkinan akan tetap ada.

ECB juga diharapkan untuk menjanjikan langkah lebih lanjut, meskipun kecil kemungkinannya untuk membuat komitmen yang kuat.

"Kasus utama kami adalah kenaikan 50 basis poin pada September, tapi kami pikir ... Dewan Pengatur akan membiarkan pintu terbuka untuk langkah yang lebih besar," kata BNP Paribas dalam sebuah catatan. "Kami masih memperkirakan ... kenaikan 50 basis poin pada Oktober."

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2022