Jakarta (ANTARA) - Kejuaraan balap W Series yang semua pesertanya perempuan telah membatalkan rencana balapan di Jepang untuk pertama kalinya dan mengalihkan debut Asia-nya ke Singapura pada Oktober, kata penyelenggara, Rabu.

Keputusan tersebut dilakukan karena "tantangan operasional yang tak terduga".

"Sejak kami mengumumkan kalender balap 2022 kami pada Januari, lanskap global telah banyak berubah," kata pendiri W Series Catherine Bond Muir seperti dilansir Reuters.

"Dengan sangat menyesal kami tidak akan balapan di Jepang tahun ini ... tapi tantangan yang terlibat dalam melakukannya telah meningkat secara signifikan pada enam bulan terakhir, yang artinya bahwa bagi bisnis muda seperti milik kami ini sayangnya tidak mungkin lagi menyelenggarakan balapan di sana."

Suzuka Jepang adalah salah satu dari lima sirkuit baru musim ini bagi W Series, yang mempunyai 10 balapan dalam program pendukung pada delapan grand prix Formula Satu.

Singapura akan menjadi putaran ketujuh dan berpotensi menjadi event pertama yang diterangi lampu sorot, dengan balapan Formula Satu pada malam hari di sirkuit jalan raya Marina Bay.

Bond Muir mengatakan kepada Reuters, Asia adalah pasar utama untuk kejuaraan tersebut, yang pebalapnya berlomba dalam mobil Formula Tiga yang identik.

"Saya ingin kami menjadi bisnis global ... setiap tahun saya ingin membuat langkah baru. Asia sangat penting untuk meletakkan bendera," katanya.

Grand Prix Singapura dijadwalkan pada akhir pekan 1-2 Oktober, sepekan sebelum Jepang, setelah dibatalkan karena pandemi COVID-19 pada 2020 dan 2021.

Masuk ke Jepang tetap terbatas bagi pengunjung, dengan negara tersebut memberlakukan kontrol perbatasan yang ketat selama pandemi.

"Saya tidak tahu tentang masa depan tapi akan luar biasa jika kami bisa berada di Singapura dalam kesepakatan jangka panjang," kata Bond Muir.

"Kami telah berbicara dengan promotor Singapura selama beberapa tahun karena kami selalu ingin pergi ke sana. Ketika Jepang tidak memungkinkan, kami melakukan percakapan."

Balap W Series, yang diluncurkan pada 2019 untuk membantu perempuan mencapai Formula Satu, berada di Hungaria akhir pekan ini.

Juara dua kali asal Inggris Jamie Chadwick telah memenangi semua lima balapan sejauh musim ini dan total tujuh balapan terakhir.

Baca juga: GP Jepang tetap di Suzuka untuk tiga tahun ke depan.
Baca juga: F1 perpanjang kontrak GP Singapura hingga 2028

Pewarta: Fitri Supratiwi
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2022