Solo (ANTARA) - Stadion Manahan Solo selain akan menjadi tempat upacara pembukaan juga akan digunakan sebagai arena pertandingan cabang olahraga atletik dalam pesta olahraga disabilitas ASEAN Para Games (APG) XI 2022 di Solo, Jawa Tengah, pada 30 Juli hingga 6 Agustus mendatang.

"Cabang atletik bakal dipertandingkan di Stadion Manahan mulai tanggal 1 hingga 5 Agustus dan akan diikuti sebanyak 286 atlet dari 11 negara peserta APG 2022, " kata Competition Manager (CM) Atletik APG 2022, Aba Sandy Prayoga, di Solo, Kamis.

"Dibutuhkan waktu sehari untuk menata berbagai peralatan pada cabang atletik usai digunakan acara pembukaan, sehingga dimulai Senin (1/8)," kata Prayoga.

Oleh karena itu, Indonesia ASEAN Para Games Organizing Committee (INASPOC) telah menyiapkan Stadion Sriwedari sebagai arena latihan bagi cabang olahraga tersebut. Stadion Sriwedari sudah dibuka untuk tempat latihan resmi bagi atlet dari seluruh kontingen peserta pada Rabu (27/7).

Baca juga: Bendera seluruh negara peserta APG 2022 berkibar di Stadion Manahan

Dia menjelaskan selain Stadion Manahan dan Sriwedari yang digunakan sebagai arena pertandingan dan latihan atletik, arena pertandingan lain juga sudah disiapkan INASPOC. Secara keseluruhan, ada 14 cabang olahraga dalam APG yang akan diselenggarakan di Solo Raya dan Semarang, selama 30 Juli – 6 Agustus mendatang.

Cabang sepak bola celebral palsy (CP) akan dipertandingkan di Stadion UNS Solo kampus Kentingan. Tim sepak bola CP Indonesia yang dilatih oleh pelatih Anshar Ahmad akan berlaga melawan rival-rivalnya dengan sistem pertandingan 7 side football.

Baca juga: Brunei Darussalam lengkapi kontingen peserta ASEAN Para Games 2022

Menurut Ketua Umum National Paralympic Committee (NPC) Indonesia, Senny Marbun, seluruh arena pertandingan sudah siap. Yang paling akhir ditetapkan adalah arena pertandingan untuk tenis meja. Semula diplot di de Tjolomadoe, namun karena lokasi itu sudah lebih dulu digunakan untuk kegiatan lain yang tidak bisa diubah waktunya, sehingga arena tenis meja dipindahkan ke Solo Techno Park.

Arena lain APG 2022 tersebar di beberapa tempat. Cabang bulu tangkis akan digelar Edutorium Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), para catur di Hotel Lorin Dwangsa, angkat berat di Hotel Solo Paragon dan boccia di GOR FKor UNS Solo kawasan Manahan.

Selain itu, judo tuna netra di Convention Hall Terminal Tirtonadi Solo, goalball di GOR UNS Solo kampus Kentingan, tenis kursi roda di lapangan tenis Gelora Manahan, panahan di Lapangan Kotabarat Solo, basket kursi roda di GOR Sritex Arena Solo dan voli duduk di GOR Universitas Tunas Pembangunan (UTP) Solo kawasan Plesungan.

Pada APG 2022 tersebut hanya cabang olahraga renang yang arena pertandingan di luar wilayah Solo Raya. Cabang akuatik tersebut dipertandingkan di Kolam Renang Jatidiri Semarang.

Baca juga: 14 arena cabang olahraga APG 2022 di Solo semua siap
Baca juga: Inaspoc: Penginapan peserta APG 2022 dibagi sesuai cabang olahraga

Pewarta: Bambang Dwi Marwoto
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2022