Bandarlampung (ANTARA) - Sebanyak 50 peselam kalangan mahasiswa berasal dari sembilan perguruan tinggi di Indonesia bersama TNI-Polri dan masyarakat Pulau Pahawang, Lampung mengibarkan bendera Merah Putih di dasar laut Teluk Lampung saat peringatan HUT Ke-77 RI, Rabu.

Mereka yang ikut kegiatan dalam rangka peringatan HUT Ke-77 RI di daerah itu, antara lain Klub Selam Anemon Unila bersama mahasiswa perwakilan selam Indonesia, Direktorat Polairud serta Satbrimob Polda Lampung, Lanal Lampung, dan masyarakat Dusun Jelarangan, Pulau Pahawang, Kabupaten Pesawaran, Provinsi Lampung.

Para peserta kegiatan dan sejumlah petugas membawa berbagai perlengkapan dan peralatan dengan berat 32 kilogram secara hati-hati ke dasar teluk untuk acara pengibaran bendera Merah Putih di tempat itu dalam peringatan HUT ke-77 RI.

Seorang mahasiswi dari klub selam Universitas Sriwijaya Palembang, Anggel, mengaku terkesan dan bangga mengikuti kegiatan itu meskipun pada awalnya deg-degan ketika hendak masuk laut untuk berpartisipasi mengibarkan bendera Merah Putih.

"Senang, bangga, dan menjadi pengalaman yang luar biasa bisa ikut menyelam untuk mengibarkan bendera Merah Putih dari dasar laut, tapi ada takut dan deg-degan gitu, karena ini kali pertama saya mengibarkan bendera di bawah laut," katanya.

Baca juga: 77 penyelam Malut upacara HUT Proklamasi di bawah laut

Ia menilai kegiatan berjalan sukses dan tidak terkendala di dasar laut.

"Alhamdulillah lancar dan sukses," katanya.

Seorang perwakilan mahasiswa Universitas Diponegoro Semarang, Autri, juga mengaku bangga karena ikut serta mengibarkan bendera Merah Putih di dasar laut setempat.

"Sangat senang, karena ini kali pertama saya ke Lampung dan ke Pulau Pahawang, lokasi dan kegiatannya keren," ujar dia.

Kegiatan ini didukung berbagai pihak, di antaranya Universitas Lampung, Pangkalan TNI Angkatan Laut Lampung, Polairud Polda Lampung, Brimob Polda Lampung, instansi pemerintah daerah dan Provinsi Lampung, media partner daerah maupun nasional, serta pihak swasta dan masyarakat Pahawang,

Ketua panitia penyelenggara kegiatan, Abdul Azis, pengibaran Merah Putih dilakukan setiap tahun guna memperkuat semangat nasionalisme dalam wujud cinta bahari.

"UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) Anemon ini kita laksanakan di setiap tahun bertepatan pada 17 Agustus ya, namun dua tahun yang lalu tidak begitu ramai karena adanya COVID-19," kata Ketua Klub Selam Anenom itu.

Baca juga: KKP kibarkan bendera merah putih di bawah laut Mandeh Sumatera Barat

Ia mengatakan tim penyelam juga akan melaksanakan aksi bersih laut dan pantai.

Ia menjelaskan Klub Selam Anemon salah satu UKM untuk mengembangkan minat dan bakat bidang olahraga selam ditunjang kemampuan melakukan observasi dan penelitian secara ilmiah.

"Sehingga kelak dapat membantu mahasiswa untuk keperluan penelitian, skripsi, maupun konservasi alam, khususnya di bidang kelautan," tuturnya.

Ia juga berharap, kegiatan tersebut dapat meningkatkan nasionalisme dan kebanggaan sebagai bangsa Indonesia.

Pihaknya juga mengucapkan terima kasih kepada Lampung Dive Club karena mendampingi para penyelam yang rata-rata pemula itu dalam kegiatan tersebut.

Baca juga: Menteri LHK gelar upacara HUT Ke-77 RI di Gunung Ciremai
Baca juga: Relawan peduli sungai upacara di Kali Anyar Solo
Baca juga: Detik-detik Proklamasi diperingati di titik nol ibu kota negara baru

Pewarta: Agus Wira Sukarta
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2022