Jakarta (ANTARA) - Perhimpunan Perempuan Lintas Profesi Indonesia (PPLIPI) menyalurkan bantuan modal usaha kepada 6.000 pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Jabodetabek.

"Bantuan modal usaha masing-masing sebesar Rp500 ribu diharapkan pelaku UMKM bisa naik kelas," kata Ketua Umum PPLIPI Indah Suryadharma Ali di Jakarta, Kamis.

Baca juga: APJI DKI gelar Festival Kangen Masakan Nusantara bangkitkan UMKM

Kegiatan ini, kata Indah, merupakan bentuk keberpihakan terhadap perempuan agar bisa memenuhi kebutuhan rumah tangga di tengah kesibukannya sebagai ibu rumah tangga.

Indah mengatakan sasaran bantuan (hibah) Rp500 ribu bagi pelaku usaha mikro, seperti pedagang kecil (pedagang gorengan, kerupuk, mainan, dan lain-lain) dengan modal usaha hanya Rp200 ribu hingga Rp300 ribu.

"Dengan 200 ribu-300 ribu modal yang dikelola, per harinya mereka bisa mendapatkan untung antara 50 ribu-100 ribu, yang merupakan pemasukan untuk biaya rumah tangga sehari-hari," ujar Indah.

Sehingga, dikatakan Indah, bantuan modal dari PPLIPI bisa menjadi tambahan yang sangat membantu usaha pelaku UMKM atau bantuan menambah jumlah maupun variasi jualan.

Indah optimis dengan membantu para UMKM, dalam hal ini pedagang kategori pedagang kecil/asongan/rumahan terbantu untuk memantapkan usahanya.

Baca juga: Bazar Kreasi Bhayangkari Nusantara gerakan dukung perekonomian

"Harapannya ada peningkatan pemasukan yang secara tidak langsung dapat menambah kesejahteraan mereka dan terpenuhinya kebutuhan dasar, seperti kebutuhan makan, pendidikan maupun kesehatan keluarga, dengan lebih baik," tutur Indah.

Indah mengakui bantuan modal yang diberikan memang nilainya tidak besar. Namun berdasarkan pengamatan dan informasi dari lapangan, modal usaha para pedagang kecil kelas rumahan ini, memang tidak banyak.

"Mereka bisa dikatakan hanya berupaya memperpanjang umur uang yang mereka miliki," ucap Indah

Indah juga mengatakan meski bantuan modal yang diberikan bersifat hibah, namun secara berkala PPLIPI memonitor aktivitas usaha dan sesekali bantuan modal ini dialokasikan untuk insentif bagi para pedagang yang secara nyata menunjukkan peningkatan usahanya.

Selain menampilkan UMKM, PPLIPI juga memberikan penghargaan kepada penerima bantuan modal, agar  memotivasi para pelaku usaha lainnya.

Hadir memberikan sambutan dalam acara penyaluran bantuan modal bagi UMKM Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak I Gusti Ayu Bintang Darmawati dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno.

Baca juga: Pemkot Jaktim dan PT Pos Indonesia gelar pelatihan digital bagi UMKM

Pewarta: Ganet Dirgantara
Editor: Taufik Ridwan
Copyright © ANTARA 2022