Iriana membacakan buku dongeng yang berkaitan tentang hewan yang disambut antusias anak PAUD
Tangerang, Banten (ANTARA) - Ibu Negara Iriana Joko Widodo bersama dengan istri Wakil Presiden Wury Ma’ruf Amin membacakan dongeng bagi sejumlah anak Pendidikan Anak Usia DIni (PAUD) di Sanggar Kegiatan Belajar Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten, Rabu (24/8) 2022.

Iriana membacakan buku dongeng yang berkaitan tentang hewan yang disambut antusias anak PAUD tersebut. Iriana dan Wury juga memberikan bantuan berupa buku bacaan bagi sejumlah PAUD di Kabupaten Tangerang dan juga bantuan sosial.

Ketua Bidang I Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE KIM), Franka Makarim, mengatakan pihaknya melakukan pelatihan pada lebih dari 100 bunda PAUD serta juga pendidikan pengasuhan bagi keluarga muda.

“Anak usia dini merupakan sesuatu yang menjadi fokus kami. Pelajar Pancasila dibangun mulai dari komunikasi dari keluarga. Nah salah satu upayanya adalah melalui dongeng,” katanya.

Ia menjelaskan apa yang dilakukan oleh Ibu Negara dan juga Ibu Wapres dapat menjadi contoh nyata bagaimana pola pengasuhan di keluarga.

Pihaknya mendorong agar para orang tua semangat untuk membacakan cerita pada anaknya.

“Banyak sekali manfaat dari mendongeng ini. Ini merupakan salah satu bentuk waktu berkualitas bersama anak. Dengan mendongeng, kita membangun anak-anak agar dapat bernalar kritis serta kecintaannya akan literasi,” kata Franka Mamarim.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tangerang, Syaifullah, mengatakan PAUD sangat berperan dalam pembentukan karakter anak. Pihaknya sudah menerapkan metode Merdeka Belajar, yang mana menekankan pada kreativitas anak.

“Tentu saja dengan bimbingan para guru. Fokus untuk usia PAUD adalah pembentukan karakter anak, yang berani, mandiri dan juga percaya diri,” katanya.

Baca juga: Ibu Negara kampanye kesehatan ke anak-anak PAUD Cirebon

Baca juga: Ibu Negara berbagi buku di kampung pesisir Tarakan

Baca juga: OASE ajak pengajar PAUD di Aceh sebarkan pendidikan berkarakter

Baca juga: Ibu Negara ajarkan gerakan cuci tangan kepada siswa PAUD

 

Pewarta: Indriani
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2022