Badung (ANTARA) - Atlet lari nasional Agus Prayogo yang akan mengikuti perhelatan Maybank Marathon ke 10 di Bali, Minggu (28/8) besok menjadi salah satu peserta andalan yang dinilai berpotensi memecahkan rekor dalam kategori Marathon.

"Kalau untuk nasional tentu ada Agus Prayogo, untuk wanita Odekta Naibaho yg berpotensi untuk podium utama karena mereka sudah beberapa kali masuk podium marathon," kata Manager Maybank Marathon Deniawan Rachmatialevi di Kabupaten Badung, Sabtu.

Agus Prayogo yang merupakan peraih medali emas dalam kompetisi SEA Games digadang-gadang mampu memecah rekor Maybank Marathon yang diraih pelari asal Kenya pada 2018 lalu.

Untuk catatan terbaik pelari pria dalam sejarah Maybank Marathon adalah 2 jam 5 menit, sedangkan untuk pelari wanita kategori Marathon atau 42 kilometer itu mencatat waktu tercepat 2 jam 15 menit.

Deniawan menyebut apabila terdapat peserta yang berhasil memecahkan rekor tersebut maka akan mendapat hadiah sebesar Rp101.250.000 bagi kategori pria maupun wanita.

Selain Agus Prayogo dan Odekta Naibaho, Deniawan mengatakan pihaknya turut menghadirkan atlet lari nasional berprestasi sekaligus pernah mengikuti Maybank Marathon pada tahun-tahun sebelumnya.

Mereka adalah Welman Pasaribu, Rikki Simbolon, A. Ady Saputra, Reza Auli, Dwi Tiansi Anggraini, Irma Handayani, dan Westi Indah.

Tak hanya itu, dalam rangka menginjak satu dekade pelaksanaan Maybank Marathon yang kini menyandang label Elite dari World Athletics, penyelenggara turut mendatangkan 10 atlet lari elite internasional, yang terdiri dari lima atlet pria dan lima wanita.

Selain sembilan pelari nasional dan 10 elite internasional, pada penyelenggaraan Maybank Marathon 2022 ini turut diramaikan oleh 10.000 peserta dari masyarakat umum, baik Indonesia maupun mancanegara.

Mereka akan berlomba pada Minggu (28/8) besok dari titik awal Jalan Bypass Ida Bagus Mantra, Kabupaten Gianyar, Bali, untuk memperebutkan total hadiah Rp2,7 miliar bagi 118 kategori pemenang termasuk pemecah rekor.


Baca juga: 10.000 peserta ramaikan Maybank Marathon 2022
Baca juga: Maybank Marathon 2022 di Bali jaring 800 pelari dari luar negeri
Baca juga: "Maybank Marathon 2022" berikan bonus bagi pemecah rekor

Pewarta: Ni Putu Putri Muliantari
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2022