Jakarta (ANTARA) - Para penggemar mencemaskan persiapan Konser BTS di Busan pada Oktober yang dinilai kurang baik, demikian warta Korea Times, pada Rabu.

Kecemasan itu terkait dengan kurangnya infrastruktur dan persiapan di tempat konser yang bisa menyebabkan kemacetan lalu lintas, ketidaknyamanan bagi penonton, hingga kemungkinan kecelakaan.

Pada 24 Agustus lalu agensi BTS Big Hit Music dan Pemerintah Metropolitan Busan mengatakan bahwa grup itu akan mengadakan konser "BTS Yet to Come in Busan" pada 15 Oktober secara gratis. 

Baca juga: V BTS jadi orang tercepat dengan 50 juta pengikut di Instagram

Penyelenggara juga dikabarkan akan mendirikan tempat khusus di bekas lokasi pabrik kaca di dekat Pantai Ilgwang. Namun, rencana ini membuat khawatir penggemar BTS dan warga Busan karena lokasi tersebut merupakan tempat konser yang paling tidak ideal untuk jumlah penonton yang begitu banyak.

Menurut pemberitahuan yang diunggah di platform komunitas penggemar Weverse, Selasa (30/8) hanya akan ada satu gerbang untuk akses ke situs dari Stasiun Ilgwang di Jalur Donghae, stasiun kereta bawah tanah terdekat ke tempat tersebut, meskipun sebagian besar dari 100.000 penonton diharapkan tiba melalui kereta bawah tanah karena hanya transportasi umum yang diizinkan di sekitar area pada hari konser.

Selain itu, akses ini juga membutuhkan waktu sekitar 15 menit bagi orang-orang untuk berjalan di jalan tunggal sepanjang 800 meter antara stasiun dan tempat konser. Kemudian, karena bekas lokasi pabrik tetap menjadi lahan kosong selama bertahun-tahun, tidak ada fasilitas yang memadai untuk pertemuan umum besar di sana, seperti tempat makan atau toilet.

Semua kekhawatiran ini diperparah oleh masalah yang sudah ada yang melibatkan hotel dan penyedia akomodasi lainnya yang mengenakan harga pemerasan. Pemilik akomodasi di kota telah menaikkan harga kamar sebanyak 10 kali lipat atau lebih. Banyak orang juga mengeluh bahwa hotel dan motel secara sepihak membatalkan reservasi mereka dan menyuruh pelanggan untuk melakukan pemesanan baru dengan harga selangit.

Dalam situasi tersebut, para penggemar dan warga meminta Kota Busan untuk mengubah tempat konser menjadi tempat yang lebih mudah diakses dan lebih siap seperti Stadion Utama Busan, yang dapat menampung sekitar 60.000 penonton. 

Baca juga: BTS akan konser di Busan pada Oktober mendatang

Baca juga: Tanggapan agensi terkait rumor kencan Jennie dan V BTS

Baca juga: Samsung gandeng Suga BTS rilis nada dering


Penerjemah: Lifia Mawaddah Putri
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2022