Jakarta (ANTARA) - Novak Djokovic memenangi pertandingan ketujuh berturut-turut ketika mengalahkan Karen Khachanov 6-4, 6-3 dalam Astana Open 2022, Jumat malam.

Bintang Serbia itu melaju ke semifinal keenamnya musim ini, di mana dia akan menghadapi antara unggulan kedua Daniil Medvedev dan Roberto Bautista Agut dalam ajang ATP 500 itu.

Petenis peringkat tujuh dunia itu memenangi gelar ketiganya pada 2022 pekan lalu di Tel Aviv.

Baca juga: Alcaraz tak menyangka puncaki peringkat tenis secara cepat

Djokovic melakukan servis dengan sangat baik saat melawan Khachanov dan, pada saat yang sama, mengonversi tiga dari lima peluang break point melawan servis dari petenis nomor 18 dunia itu.

"Saya tidak bermain dengan baik dari baseline seperti yang saya lakukan di dua pertandingan pertama, tapi itu sudah cukup," kata Djokovic seusai pertandingan, seperti disiarkan dalam laman resmi ATP.

Dua pertandingan yang dimainkan Djokovic untuk Tim Eropa di Laver Cup pada akhir September adalah yang pertama selama tiga bulan terakhir setelah kemenangannya di Wimbledon pada Juli. Namun, petenis berusia 35 tahun itu tampaknya kembali ke performa yang familier di lapangan keras tersebut.

Djokovic mematahkan servis Khachanov yang tidak diunggulkan dalam gim servis pertamanya dan memimpin 3-0, sebelum Khachanov menemukan keseimbangan dan memenangi tiga gim berikutnya.

Melakukan servis untuk mempertahankan kedudukan pada kedudukan 4-5, kesalahan backhand membuat Djokovic mendapatkan set point, dan mengamankan set pertama.

Baca juga: Kyrgios mundur karena cedera sebelum perempat final Japan Open

Selanjutnya pada set kedua, setelah gagal mengonversi break point melawan Khachanov di gim kedua, Djokovic berhasil merebutnya di gim keempat. Forehand winner kemudian memberinya keunggulan 3-1.

Keteguhan Djokovic dalam poin panjang akhirnya berbuah manis. Dia membungkus kemenangannya di menit 88 dengan ace untuk mengamankan tempat di semifinal.

"Saya selalu mengharapkan yang tinggi dari diri saya sendiri," kata Djokovic.

"Semoga saya masih bisa meningkatkan level permainan saya untuk besok karena itu akan dibutuhkan, jelas, siapa pun yang saya lawan," imbuhnya.

Baca juga: Swiatek tak dapat bela Polandia di final Piala Billie Jean King 2022

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Copyright © ANTARA 2022