Jakarta (ANTARA) - Daniil Medvedev mengatur pertandingan semifinal melawan Novak Djokovic pada Astana Open seusai mengalahkan Roberto Bautista Agut 6-1, 6-1, Jumat malam.

Dalam salah satu penampilan terbaiknya musim ini, Medvedev memegang kendali penuh dengan melakukan pukulan yang kuat dan konsisten, dengan pertahanan yang kokoh untuk memaksa petenis Spanyol itu melakukan kesalahan dan melaju ke babak selanjutnya setelah 64 menit pertandingan.

"Saya senang memainkan permainan yang tepat, menjadi sangat solid dan melakukan semua yang saya bisa untuk mempersulit hidupnya dan saya sangat senang mengalahkannya," kata Medvedev, seperti disiarkan laman resmi ATP.

"Saya mencoba mengacaukan konsentrasinya karena tidak mudah bermain melawan Roberto. Saya mencoba untuk mengacaukan dan membuatnya sedikit terkejut dan itu berjalan dengan sangat baik."

Baca juga: Djokovic lewati Khachanov menuju semifinal Astana Open

Bautista Agut memasuki pertandingan dengan memimpin 4-1 atas Medvedev dalam seri ATP Head2Head mereka. Namun, petenis berusia 34 tahun itu tidak mampu menembus peringkat empat dunia tersebut di lapangan keras Kazakhstan.

Medvedev secara dramatis membalikkan keadaan untuk meraih kemenangan tingkat tur ke-40 musim ini.

Petenis berusia 26 tahun itu selanjutnya akan menghadapi Novak Djokovic setelah mantan petenis nomor satu dunia itu mengalahkan Karen Khachanov 6-4, 6-3.

Medvedev, yang mengincar gelar tingkat tur keduanya musim ini di ajang ATP 500, tertinggal 4-6 dari Djokovic itu dalam seri ATP Head2Head mereka.

Baca juga: Alcaraz kalah dari Goffin pada pertandingan pembuka Astana

Pertandingan semifinal, yang dijadwalkan Sabtu, akan menjadi pertemuan yang pertama bagi keduanya sejak final Paris Masters November lalu, ketika Djokovic menang dalam tiga set.

"Saya sangat senang bermain melawan Novak," kata Medvedev.

"Saya memikirkan itu sebelum pertandingan dan kami hanya memainkan satu turnamen bersama tahun ini, yaitu Roland Garros. Ini adalah yang kedua dan kami bertemu lagi dan saya sangat senang."

Dengan kemenangannya atas Bautista Agut, Medvedev semakin memperkuat peluangnya untuk lolos ke Nitto ATP Finals, yang akan diadakan pada 13-20 November di Turin.

Peraih gelar tingkat tur 14 kali itu menang dalam turnamen akhir musim tersebut pada 2020, dan saat ini berada di urutan kelima dalam Pepperstone ATP Live Race To Turin.

Baca juga: Kyrgios akan ajukan pembatalan tuduhan dengan alasan kesehatan mental

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Copyright © ANTARA 2022