Makassar (ANTARA) - Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto melepas secara resmi para atlet kempo Makassar yang akan bertanding di Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sulawesi Selatan di Sinjai dan Bulukumba.

"Selamat bertanding, junjung tinggi sportivitas, jaga nama baik Kota Makassar," ujarnya di Makassar, Sabtu.

Danny, sapaan akrab Ramdhan Pomanto mengatakan, Kota Makassar memiliki atlet-atlet bertalenta termasuk pada cabang olahraga beladiri seperti kempo.

Dia berpesan kepada para kenshi Makassar untuk tidak lengah dan tetap menjaga kesehatan apalagi didampingi dua dokter andalan Makassar yakni dokter Wachyudi Muchsin serta dokter Muji Iswanti.

Ia memastikan bahwa semua atlet di Makassar akan diperhatikan oleh pemerintah dengan memberikannya bonus ataupun fasilitas lainnya sesuai dengan gengsi pencapaian seperti medali yang diraihnya.

"Tetap jaga kebugaran, fokus, makan bernutrisi dan minum vitamin. Saya yakin semua terpenuhi karena Ketua Kempo Makassar adalah dokter hebat dan beberapa pendamping yang juga pengurus kempo dokter-dokter hebat," katanya.

Ketua Perkemi Kota Makassar dr Wachyudi Muchsin dalam Porprov Sulsel di Sinjai itu menargetkan perolehan medali emas sebanyak 10 keping.

"Target kami 10 medali emas cukup wajar dan ini adalah target minimal. Atlet kempo Makassar cukup banyak yang bagus dan meraih cukup pengalaman bertanding," ujarnya.

Dokter Yudi, sapaan akrab Wachyudi Muchsin mengatakan demi berburu 10 medali emas di ajang Porprov, sejak Januari 2022, sebanyak 21 atlet kempo Makassar intens berlatih secara rutin di bawah arahan pelatih kempo Kota Makassar Ade Irma, Nasri, Suaib Side dan Aisyah.

Ia pun mengharapkan bisa mempertahankan status juara umum dengan mengandalkan embu beregu, embu pasangan dan randori dengan 19 nomor pertandingan putri dan putra yang jadi andalan cabang kempo dalam mendulang medali emas.

"Alasan Perkemi Makassar menargetkan 10 medali emas Porprov 2022 karena pada Porprov Sulsel XVI 2018 di Pinrang, para kenshi Makassar berhasil menyumbang sembilan medali emas yang dipersembahkan para atlet," katanya.

"Sementara sisanya medali perak sebanyak enam keping dan empat perunggu," Yudi menambahkan.

Sebelumnya, Porprov ke-17 Sulsel akan dilaksanakan di Kabupaten Sinjai dan Bulukumba selaku tuan rumah. Khusus untuk Sinjai, akan dipertandingkan 21 cabang olahraga.

Sedangkan di Bulukumba sebanyak 13 cabang olahraga dengan total 34 cabang. Pada Porprov tahun ini, Sinjai akan melibatkan 463 orang atlet untuk berlaga pada event olahraga terbesar di Sulsel.

Pewarta: Muh. Hasanuddin
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2022