Bengaluru (ANTARA) - Kekhawatiran atas krisis politik yang semakin dalam di Inggris dan kenaikan suku bunga secara global membuat indeks saham utama di Bursa Efek London di bawah tekanan pada awal perdagangan Kamis, dengan saham pengembang perumahan merayap menuju level terendah multi-tahun baru-baru ini.

Indeks perumahan Inggris, yang mencapai level terendah hampir satu dekade pekan lalu, tergelincir 1,5 persen karena kenaikan suku bunga memicu kekhawatiran tentang keterjangkauan dan perlambatan tajam di sektor ini.

Indeks saham unggulan FTSE 100 tergelincir 0,2 persen pada pukul 07.15 GMT, sedangkan indeks saham midcap FTSE 250 merosot 0,3 persen.

Perdana Menteri Inggris Liz Truss berjuang untuk mempertahankan kekuasaan pada Kamis, sehari setelah menteri utama keduanya berhenti serta keributan dan desakan pecah di antara anggota parlemennya di parlemen dalam kehancuran dramatis persatuan dan disiplin.

Laporan laba perusahaan yang beragam juga membebani suasana keseluruhan, dengan Schroders tergelincir 1,0 persen setelah manajer dana itu melaporkan penurunan aset yang dikelola karena ketidakpastian geopolitik dan risiko resesi membuat investor gelisah.

Titik terang adalah pembuat barang mewah Burberry yang terangkat 1,7 persen, setelah perusahaan Prancis Hermes melaporkan kenaikan tajam dalam pertumbuhan penjualannya.

Saham-saham minyak naik 0,8 persen karena harga minyak mentah naik di tengah berita bahwa China sedang mempertimbangkan pengurangan durasi karantina untuk pengunjung yang datang.

Baca juga: Saham Inggris berakhir negatif, indeks FTSE 100 melemah 0,17 persen
Baca juga: Saham Asia jatuh terseret ekuitas China, inflasi Inggris jadi fokus
Baca juga: Saham Inggris ditutup menguat, indeks FTSE 100 terdongkrak 0,24 persen

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2022