Kehadiran kami ikut membantu memangkur sagu tersebut diharapkan dapat meringankan beban masyarakat.
Jayapura (ANTARA) -
Koramil 1708-06/Supiori Utara mendorong pengelolaan sagu agar dilestarikan oleh masyarakat Kampung Fanjur, Distrik Supiori Utara, mengingat selain dapat dikonsumsi sendiri juga menjadi nilai tambah bagi perekonomian setempat sehingga perlu mendapat perhatian dan bantuan.
 
Babinsa Koramil 1708-06/Supiori Utara Sertu Sriyono dalam siaran pers Penerangan Kodim Biak Numfor, di Jayapura, Kamis, mengatakan sagu merupakan salah satu makanan pokok bagi masyarakat Papua yang sehat dan bergizi.
 
"Pada kesempatan kali ini kami membantu keluarga Yulianus Binur yang merupakan masyarakat Kampung Fanjur, memangkur sagu yang akan dijadikan sebagai makanan pokok sekaligus yang akan dijual ke pasar," katanya lagi.
 
Menurut Sriyono, sagu sendiri selain untuk kebutuhan makanan sehari-hari, namun juga biasanya diolah menjadi jajanan dengan berbagai ragam.
 
"Untuk itu dengan kehadiran kami ikut membantu memangkur sagu tersebut diharapkan dapat meringankan beban masyarakat," ujarnya.
 
Dia menjelaskan dalam membantu warga dalam memangkur sagu, pihaknya mulai dari tahap awal hingga selesai, sehingga diharapkan dapat menghasilkan kualitas yang baik.
 
Warga Kampung Fanjur, Distrik Supiori Utara Yulianus Binur menyampaikan terima kasih karena telah membantu meringankan beban dalam memangkur sagu.
 
"Kami sebagai warga sangat senang dengan apa yang dilakukan babinsa, mau peduli dan mengetahui adat istiadat serta pekerjaan yang dilakukan warga masyarakatnya, termasuk membantu dalam proses pengolahan sagu ini," katanya pula.
 
Menurut Yulianus, dengan kehadiran babinsa tersebut, pihaknya benar-benar merasa terbantu sehingga ke depan hal seperti ini bisa dilakukan kembali.
Baca juga: Melihat proses pengolahan sagu di Kampung Sira (foto dan video)
Baca juga: Deputi BNPP Kemendagri tinjau pengolahan sagu di Skouw

Pewarta: Qadri Pratiwi
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2022