Pangkalpinang (ANTARA) - Satgas Penanganan COVID-19 Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyatakan enam dari tujuh kabupaten di provinsi itu tanpa penambahan kasus COVID-19, sehingga total pasien yang terpapar virus corona aktif tersisa 58 orang.

"Hari ini penambahan satu kasus orang terpapar virus corona di Pangkalpinang," kata Sekretaris Satgas Penanganan COVID-19 Provinsi Kepulauan Babel Mikron Antariksa di Pangkalpinang, Senin.

Baca juga: Empat kabupaten di Babel tanpa penambahan COVID-19

Ia mengatakan berdasarkan laporan perkembangan kasus COVID-19 harian pada Senin (31/10), enam kabupaten tanpa penambahan kasus COVID-19 tersebut, yaitu Kabupaten Bangka, Bangka Tengah, Bangka Barat, Bangka Selatan, Belitung dan Belitung Timur, sementara Kota Pangkalpinang bertambah satu kasus.

"Hari ini pasien sembuh bertambah sembilan dan pasien meninggal bertambah satu orang, sehingga total pasien aktif tersisa 58 orang," ujarnya.

Ia mengatakan sebanyak 58 pasien COVID-19 yang masih menjalani karantina tersebar di Bangka Barat 16 orang, Bangka 14 orang, Pangkalpinang 12 orang, Bangka Tengah 8 orang, Belitung 5 orang, Bangka Selatan 3 orang, dan Belitung Timur tanpa pasien COVID-19.

Sementara itu, jumlah kumulatif kasus probable 44 orang dan meninggal probabel 40 orang tersebar di tujuh kabupaten/kota.

"Alhamdulillah, kasus penularan dan penyebaran COVID-19 semakin melandai seiring kesadaran masyarakat untuk menyukseskan vaksinasi penguat yang semakin membaik," katanya.

Baca juga: Satgas: Bangka Belitung nol pasien COVID-19

Baca juga: 105.425 anak di Babel terima vaksin COVID-19 dosis kedua


Menurut dia, dalam penanganan pasien meninggal ini, satgas tetap mengedepankan penerapan protokol kesehatan untuk mencegah penularan virus corona ini.

"Alhamdulillah prosesi pemakaman pasien meninggal berjalan dengan baik, tanpa penolakan dari keluarga pasien," katanya.

Pewarta: Aprionis
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2022