Jakarta (ANTARA) - Suku Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Sudin Pusip) Kota Administasi Jakarta Pusat berupaya meningkatkan gemar membaca bagi siswa sekolah dasar (SD) melalui program wisata literasi "Ketupat Betawi" dengan cara bertemu pustakawan di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Petojo Utara 13, Petojo Utara, Gambir.

"Dalam kegiatan wisata literasi, kami membawa pendongeng handal untuk mendorong peserta didik gemar membaca," ujar Kepala Sudin Pusip Jakarta Pusat Irwan Septinadi di Jakarta, Rabu.

Baca juga: Tumbuhkan minat baca anak-anak dengan membaca nyaring

Irwan mengatakan pihaknya telah menggelar kegiatan wisata literasi secara langsung ke sejumlah sekolah sejak Mei 2022, namun kali ini mengundang pendongeng agar anak-anak tertarik untuk membaca.

"Dalam kegiatan wisata literasi, kami membawa pendongeng handal untuk mendorong peserta didik gemar membaca," ujar Irwan.

Irwan juga mengatakan, pihaknya juga menyosialisasikan gedung Perpustakaan dan Kearsipan Jakarta Pusat yang berlokasi di Jalan Petojo Enclek juga telah dibuka untuk umum dan dapat dikunjungi dan anak-anak dapat membaca buku.

"Kami juga membawa mobil perpustakaan keliling untuk dimanfaatkan siswa membaca bermacam buku bacaan," ungkapnya.

Baca juga: Pemprov DKI tingkatkan kualitas SDM lewat promosi literasi

Dalam kegiatan ini, ratusan siswa SDN 13 Petojo Utara antusias mengikuti rangkaian kegiatan Ketupat Betawi sejak pagi hingga siang.

Sementara Kepala SDN Petojo Utara 13 Petojo Utara, Sugiati Minah mengapresiasi kegiatan Ketupat Betawi yang digelar di sekolah nya.

"Sebanyak 333 siswa dan guru SDN 13 Petojo Utara antusias dengan kegiatan wisata literasi yang digelar di sekolah," tutur Sugiati Manih.

Sugiati mengungkapkan antusias anak-anak mengikuti "Ketupat Betawi" untuk meningkatkan minat baca.

Baca juga: Wagub awali "Jakarta Cinta Al Quran" dengan Surat Al Fatihah

Pewarta: Ulfa Jainita
Editor: Taufik Ridwan
Copyright © ANTARA 2022