Banjarmasin (ANTARA) - Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor melakukan perjalanan mengendarai motor untuk tour desa pedalaman selama 5 hari mulai 3--7 November 2022.

Gubernur didampingi Ketua DPRD Kalsel H Supian HK, Danrem 101/Antasari Brigjen TNI Rudi Puruwito dan unsur pimpinan daerah lainnya berangkat dari halaman Kantor Setdaprov Kalsel di Kota Banjarbaru, Kamis.

Tour dengan mengendarai motor trail dengan misi pengendalian inflasi 2022 tersebut akan melalui ratusan desa di beberapa kabupaten/kota.

Kegiatan ini akan mencatat rekor MURI kategori tour desa dengan estafet terpanjang.

Paman Birin, sapaan akrab Gubernur Kalsel ini dalam perjalanannya menemui masyarakat desa juga melakukan misi sosial berupa pembagian berbagai macam bantuan.

Baca juga: Gubernur: MTQ Nasional di Kalsel diharapkan sukses dan menyenangkan

Baca juga: Gubernur Kalsel pimpin penanaman puluhan pohon buah langka


Dari pernyataan resmi Pemprov Kalimantan Selatan untuk kegiatan sosial di setiap titik desa yang disinggahi gubernur berupa pembagian sembako, giat sosial sunatan massal, pembagian paket untuk anak sekolah.

Selanjutnya, pembagian bibit perkebunan dan pertanian, penyerahan dana hibah untuk pesantren dan tempat ibadah, bantuan peralatan olahraga, bantuan pemberian makanan tambahan bagi ibu dan anak untuk upaya mengendalikan kasus stunting.

Rombongan gubernur seperti dikutip dalam pernyataan pers Pemprov Kalsel  akan melalui rute tidak hanya jalan beraspal tapi juga jalan berbatu dan setapak untuk menjangkau desa terdalam.

Rute awal dari Kota Banjarbaru melaju ke wilayah Kabupaten Tanah Laut, Tanah Bumbu dan Kotabaru.

Selanjutnya berbalik melalui hutan di lereng gunung Meratus untuk menuju Loksado di Kabupaten Hulu Sungai Selatan sekalian membuka Pekan Olahraga Provinsi (Pemprov) Kalsel pada 5 November 2022.

Perjalan dilanjutkan langsung melalui Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Balangan, Tabalong, Hulu Sungai Utara ke Kabupaten Banjar, Barito Kuala dan berakhir di Kota Banjarmasin.

Sebelum berangkat, Gubernur Kalsel menyatakan, ini perjalan kesekian kalinya selama dia menjabat gubernur sejak 2014 hingga periode kedua sampai 2024 ini misi turun ke bawah untuk langsung melihat kondisi ekonomi dan sosial masyarakat di desa-desa.

Dia pun meminta para rombongan yang menemaninya tetap mengutamakan keselamatan dan tertib berlalu lintas, hingga tujuan utama berjalan lancar dan selamat sampai pulang.

"Jangan sampai ada yang ugal-ugalan di jalan," ujarnya. 

Sebelum berangkat, rombongan melakukan doa bersama yang dipimpin oleh Pimpinan Ponpes Darussalam Martapura KH Hasanuddin Badruddin.

Baca juga: Menaker RI beri penghargaan Gubernur Kalsel sebagai Pembina K3 2022

Baca juga: Gubernur Kalsel ajak ulama dan santri gotong royong lawan COVID-19

 
Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor saat mengendarai motor kesayangannya untuk memulai tour desa pedalaman selama 5 hari dimulai dari halaman kantor Sekdaprov Kalsel di Kota Banjarbaru, Kamis (3/11/2022). ANTARA/Sukarli

 

Pewarta: Sukarli
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2022