Jakarta (ANTARA) - Agro Edukasi Wisata Ragunan di Jakarta Selatan menjadi inspirasi bagi Kabupaten Ciamis untuk mengembangkan potensi wisata alam yang ada di wilayah itu.

"Kegiatan Famtrip yang berkesan saat ke Agro Edukasi Wisata Ragunan menjadi inspirasi Ciamis mengembangkan wisata alam," kata Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Ciamis, Tino Armianto saat ditemui di kawasan Cipaku, Jakarta Selatan, Kamis.

Tino menuturkan, di tengah megahnya DKI Jakarta sebagai kota metropolitan nyatanya masih memperhatikan lingkungan alam dengan adanya Agro Edukasi Wisata Ragunan.

Ia belajar banyak mengenai potensi wisata yang juga memanfaatkan teknologi sehingga bisa membuat semakin maju suatu wilayah.

Baca juga: Pemkot Jaksel ajak wisatawan luar Jabodetabek kenali wisata urban

Dalam kemajuan tersebut, kata dia, tentunya perlu dukungan para anak muda yang paham teknologi dalam penyebaran informasi khususnya di media sosial. "Bukan teknologi yang menguasai kita, tapi kita yang menguasai teknologi," katanya.

Senada dengan Tino, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Ciamis Budi Kurnia menggandeng sebanyak 50 anak muda yang terdiri dari figur berpengaruh media sosial (influencer), mahasiswa dan duta wisata wilayahnya.

Dalam kegiatan yang diadakan oleh Suku Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) Kota Administrasi Jakarta Selatan ini, pihaknya berkesempatan menanam pohon di Agro Edukasi Wisata Ragunan.

"Kita diajak ke Ragunan menanam pohon khas Ciamis, yakni pohon aren, manggis dan pohon lainnya yang menjadi ciri khas Ciamis," tutur Budi.

Baca juga: Hewan liar di Taman Margasatwa Ragunan makan ketupat

Budi berharap, kegiatan ini bisa menjadi hubungan kerja sama yang berkelanjutan antara DKI khususnya Jakarta Selatan dengan pihak Kabupaten Ciamis.

"Dari Jakarta Selatan kita bisa melihat kota besar, sedangkan di Ciamis menawarkan wisata alam, budaya, hingga kesenian tradisional seperti Bebegig," katanya.

Familiarization Trip (Famtrip) merupakan acara yang diselenggarakan dalam rangka pengenalan destinasi urban (perkotaan) di Jakarta Selatan. Kegiatan ini diadakan pada 2-3 November 2022 untuk Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

Sedangkan 7-8 November dari Kabupaten Garut dan pada 16-17 November 2022 untuk peserta dari Kota Cirebon.
 

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2022