Terharu banget. STAY gemas, kalian keren banget
Jakarta (ANTARA) - Grup idola K-pop Stray Kids akhirnya merampungkan tur konser kedua mereka bertajuk “MANIAC” in JAKARTA” pada 13 November 2022 di Beach City International Stadium.

Selama hampir tiga jam grup dengan delapan personel itu yakni Bang Chan, Lee Know, Changbin, Hyunjin, Han, Felix, Seungmin dan I.N itu menampilkan berbagai lagu mulai dari lagu lama hingga terbaru, termasuk lagu solo yang belum resmi dirilis, aksi panggung yang memicu jeritan para penggemar mereka atau STAY hingga rayuan menggunakan bahasa Indonesia.

Berikut rangkumannya:

Baca juga: Album baru Stray Kids sukses bertahan lebih dari 8 minggu di Billboard

Konser dibuka melalui “MANIAC"

Stray Kids tampil dalam balutan serba hitam saat membuka gelaran konser "Stray Kids 2nd World Tour 'MANIAC' in JAKARTA". Sebelumnya, video pembuka yang menampilkan sorotan individu para personel grup diputar sehingga membuat para penggemar atau STAY yang hadir saat itu menjerit antusias.

Tak lama, Bang Chan, Lee Know, Changbin, Hyunjin, Han, Felix, Seungmin dan I.N muncul di atas panggung bersiap dalam koreografi awal lagu "MANIAC”. Ini juga menjadi lagu pembuka dalam gelaran konser Stray Kids di beberapa negara lainnya.

"MANIAC" merupakan lagu bergenre trap dan electropop dengan bass-synth drop tentang orang-orang aneh yang melanggar norma dan harapan sosial yang biasa ditetapkan oleh masyarakat. Lagu ini tergabung dalam album "Oddinary" yang dirilis pada tahun 2022.

Setelah menampilkan “MANIAC”, Stray Kids melanjutkan konser dengan membawakan “VENOM”, “Red Lights”, “Easy”, “ALL-IN (Korean Version)”, “Back door”, “Charmer”, “Side Effects”, “Thunderous”, “DOMINO” dan “God’s Menu”.

Baca juga: Bang Chan Stray Kids kabarkan baru saja menjalani operasi sinusitis

Ini menjadi konser kedua grup setelah tahun 2019 sekaligus yang pertama digelar dalam dua hari. Konser hari pertama berlangsung 12 November lalu dilokasi yang sama.
 
Grup idola K-pop Stray Kids saat menggelar konser bertajuk “MANIAC” in JAKARTA” pada 13 November 2022 di Beach City International Stadium. (ANTARA/Lia Wanadriani Santosa)


Lagu grup dan solo

Tur konser kedua Stray Kids di Jakarta berlangsung tak lama setelah perilisan album baru mereka yakni “MAXIDENT” pada 7 Oktober lalu. Lagu utama “CASE 143” pun mereka tampilkan kali pertama di hadapan STAY Indonesia.

Usai bernyanyi, personel termuda grup alias maknae I.N bertanya pada STAY tentang lagu mereka. Hyunjin lantas mengatakan suasana konser saat itu bagus sekali.

Tak hanya lagu baru, karya musik popular yang pernah mereka bawakan dalam konser pertama seperti “District 9”, “Hellevator”, “MIROH” dan “YAYAYA” turut dihadirkan kembali, membangkitkan nostalgia.

Para personel grup juga unjuk kemampuan menyanyikan lagu pilihan masing-masing, seperti Changbin dengan “Streetlight”, sebuah lagu yang pernah diperdengarkan pada para penggemar melalui sebuah video di laman YouTube Stray Kids dan menjadi bagian dari proyek SKZ PLAYER. Changbin menulis lirik untuk lagu ini. Dia menulis kala tak bisa memberi tahu siapa pun dan mengalami kesulitan sendirian.

Baca juga: Stray Kids catatkan capaian positif di Billboard lewat "MAXIDENT"

Selain dia, ada juga Hyunjin yang menghadirkan “ice.cream” yang menjadi bagian dari proyek SKZ-RECORD”. Lagu ini diunggah melalui laman YouTube Stray Kids dalam bentuk sebuah video lirik pada 12 Agustus lalu. Usai bernyanyi, dia mengaku terkejut karena STAY mau dan dapat bernyanyi bersamanya.

“STAY selalu mengejutkanku. Setiap kali aku berpikir menjadi penyanyi suatu yang luar biasa. Saat kalian semua menyanyikan ‘ice.cream’. Aky tak menyesal berkecimpung di dunia musik ini,” kata Hyunjin.

Lagu-lagu popular yang juga Stray Kids nyanyikan malam itu seperti “CHEESE”, “Rock”, “Muddy Water”, “TOP”, “Star Lost” dan “Haven”.

Penampilan Stray Kids malam itu ditemani live band. Han mengatakan tamu spesial itu mereka hadirkan untuk memperkaya konser grupnya.
 
Grup idola K-pop Stray Kids saat menggelar konser bertajuk “MANIAC” in JAKARTA” pada 13 November 2022 di Beach City International Stadium. (ANTARA/Lia Wanadriani Santosa)


“Dekat di Hati” versi Bang Chan

Pemimpin Stray Kids, Bang Chan menampilkan lagu milik grup RAN berjudul "Dekat di Hati". Sebelum bernyanyi, pria yang tergabung dalam unit produser 3RACHA itu melemparkan banyak senyum pada penggemar dan berjalan-jalan di area panggung sesaat.

Tak lama, lagu "Dekat di Hati" perlahan mengalun dan Bang Chan menyanyikan sebaris demi sebaris lirik lagu yang dirilis tahun 2013 itu.

Baca juga: Lee Know Stray Kids punya misi tersisa di Jakarta, apa itu?

Para STAY yang kala itu sempat menjerit mendengar Bang Chan menyanyikan lagu berbahasa Indonesia tak lupa mengabadikan momen perdana melalui ponsel pintar masing-masing.

Bang Chan bernyanyi sekitar satu menit, diiringi STAY. Usai bernyanyi dia tertawa lebar lalu mengaku sempat gugup di awal.

"Tadi aku deg-degan banget. Tetapi karena STAY bernyanyi bersamaku, jadi lebih percaya diri bernyanyi. STAY terima kasih," tutur dia yang kala itu mendapat pujian dari rekan-rekan satu grupnya serta STAY.
 
Grup idola K-pop Stray Kids saat menggelar konser bertajuk “MANIAC” in JAKARTA” pada 13 November 2022 di Beach City International Stadium. (ANTARA/Lia Wanadriani Santosa)


Stray Kids terharu

Para STAY ikut bernyanyi bersama idola mereka sepanjang konser dan ini mengharukan bagi Stray Kids. Saat Stray Kids menghadirkan “Waiting for us” misalnya, sebuah lagu subunit yang dinyanyikan Seungmin, Lee Know, I.N dan Bang Chan.

“Terharu banget. STAY gemas, kalian keren banget. Lain kali kita kasih mic ke mereka dong. Barusan lagu subunit kami. Kami terharu, dari kemarin sudah merasakan bisa menyanyi bersama-sama. Terima kasih,” kata Bang Chan.

Baca juga: Rayakan hari jadi fandom, Stray Kids rilis "Mixtape: Time Out"

Seungmin lalu mengatakan STAY semakin luar biasa. Dia menuturkan, “Bahasa kita berbeda tetapi rasanya kita bersatu dalam music,”.

STAY juga ikut bernyanyi saat Stray Kids membawakan “MIROH”. Stray Kids bahkan sampai dua kali menyanyikan bagian reff lagu ini. Changbin mengaku menikmati bernyanyi bersama STAY lalu memuji mereka.

“Setiap kali aku melihat kalian aku takjub. Terharu sekali. Semua mengikuti lagu kami walau dalam bahasa Korea. Cinta pada K-pop luar biasa. Tugas kami ke depan lebih berat,” kata dia.

Lee Know juga setali tiga uang dengan rekan-rekannya. Dia kemudian meminta para penggemar berjanji untuk tetap bersama Stray Kids.

"Terharu sekali semua bisa ikut menyanyi. Janji ya sesuai banner (bertuliskan "Until we meet again, we will definitely STAY")," tutur dia.

Aksi seka keringat, berbahasa Indonesia dan pamer perut

Ada berbagai hal yang Stray Kids lakukan demi mengejutkan penggemar mereka, mulai dari aksi menyeka keringat rekan mereka di sela konser dan pamer aegyo atau tampilan lucu yang sering diungkapkan melalui suara lucu, perubahan ucapan, ekspresi wajah, atau gerak tubuh. Han dan Felix menjadi dua di antara personel grup yang harus melakukannya di atas panggung.

Baca juga: Stray Kids akan merilis album baru bulan depan

I.N. juga sempat melakukan gerakan seperti salto, kemudian Bang Chan digoda rekan-rekannya yang mengangkat pakaian atas sehingga memperlihatkan otot-otot perut Bang Chan. Mengetahui hal itu, sang pemimpin hanya tertawa.

Para personel juga memamerkan kemampuan mereka berbahasa Indonesia. Dalam sesi bincang singkat satu per satu dari mereka mengakhiri komentar terkait penampilan saat konser dengan bahasa Indonesia, seperti “sayang kamu”, “aku bakal kangen nih”, “Terima kasih, sehat sehat ya”, “Ketemu lagi ya”, “kamu cantik” dan “dekat di hati”.
 
Grup idola K-pop Stray Kids usai menggelar konser bertajuk “MANIAC” in JAKARTA” pada 13 November 2022 di Beach City International Stadium. (Twitter.com/Stray_Kids)


Misi tersisa Lee Know dan janji Stray Kids

Lee Know mengaku hanya tinggal menyelesaikan satu misi di Jakarta sebelum pulang kembali ke Korea Selatan usai menggelar konser yakni mencicipi hidangan lezat khas tanah air. Dia mengetahui rekannya Changbin telah terlebih dulu mencicipi nasi goreng dan berniat mencobanya.

"Aku harus makan makanan enak di negara itu tapi aku belum makan nasi goreng (seperti Changbin). Artinya aku hari ini harus makan nasi goreng dan menyelesaikan misi," kata dia di sela konser.

Baca juga: Album "Maxident" Stray Kids sukses terjual lebih dari 2 juta kopi

Bagi Lee Know, mencicipi hidangan khas menjadi salah satu caranya menikmati kunjungan di sebuah negara termasuk Indonesia. Selain hidangan, dia juga senang menikmati pemandangan di suatu negara.

Hal lain yang juga ingin dia nikmati yakni semangat para penggemar atau STAY. Saat berada di Jakarta, Lee Know mengakui semangat dan energi luar biasa STAY sehingga dia merasa akan merindukannya.

Menjelang akhir konser, STAY berteriak tak ingin pulang. Han bercanda lalu membawakan secuil lirik lagu milik seniornya, 2PM, “My House”. Dia lalu berterima kasih karena dapat bersenang-senang selama konser dan berjanji akan kembali datang ke Indonesia.

Bang Chan mengaku bersyukur bisa bersama STAY dalam konser. Dia juga berjanji akan kembali segera. “STAY dekat di hati, terima kasih,” kata dia lalu tersipu malu.

Felix sempat bertanya perasaan para penggemar saat itu. Dia mengatakan malam ini sangat mengesankan, terutama saat STAY bernyanyi bersama Stray Kids. “Sayang kalian mantap,” kata dia.

I.N berterima kasih karena para penggemar selalu mendukung grupnya. Dia lalu mendoakan kesehatan mereka.

“STAY bilang enggak mau pulang. Aku juga mau bilang jangan ke mana-mana ya, selalu menjadi STAY. Terima kasih sayang, kalian sehat-sehat ya,” ujar dia.

“Haven” pun mengalun, menjadi tanda konser Stray Kids pada malam itu harus berakhir, walau STAY mengaku tak ingin pulang.

Baca juga: Stray Kids catatkan capaian positif di Billboard lewat "MAXIDENT"

Baca juga: Jelang konser di Indonesia, Stray Kids ingatkan STAY jaga kesehatan

Baca juga: Stray Kids kembali nomor satu di Billboard 200

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2022