Saya melihat ada satu kelebihan Brazil di mana bertaburnya bintang di semua lini mulai dari penjaga gawang, pemain belakang, tengah maupun penyerang, dan mereka semua merupakan pemain bintang yang malang melintang di klub klub terkemuka di dunia
Jakarta (ANTARA) - Mantan menteri perindustrian Saleh Husin yang juga seorang penggemar sepak bola menjagokan Brazil menjadi juara Piala Dunia 2022 karena tim samba itu bertabur bintang di semua lini.

"Saya melihat ada satu kelebihan Brazil di mana bertaburnya bintang di semua lini mulai dari penjaga gawang, pemain belakang, tengah maupun penyerang, dan mereka semua merupakan pemain bintang yang malang melintang di klub klub terkemuka di dunia," kata Saleh Husin di Jakarta, Selasa.

Menurut Saleh, yang saat ini menjadi Managing Director Sinarmas, berlimpahnya pemain bintang di timnas Brazil membuat dia penasaran tentang pemain-pemain yang akan diturunkan pelatih Adenor Leonardo Bacchi (Tite).

Baca juga: Striker Persib Ezra Walian dukung Belanda juarai Piala Dunia

"Nah ini yang seru dan benar-benar ditunggu, termasuk tentang siapa yang akan diturunkan pelatihnya sesuai lawan yang akan mereka hadapi," ujar Saleh.

Di tengah kesibukannya, Saleh mengaku akan berusaha untuk menonton pertandingan Piala Dunia, terutama  pertandingan negara negara terkemuka dalam bidang sepak bola seperti Brazil, Argentina, Jerman, Inggris, Prancis, Belgia, Portugal, Spanyol dan Kroasia.

"Ya saya berharap bisa nonton bareng yang terbatas bersama teman-teman agar mendapatkan suasana seperti berada di stadion sehingga bisa berteriak bila pemain tim pujaannya menguasai bola apalagi di depan gawang lawan," ujar Ketua Majelis Wali Amanat Universitas Indonesia ini.

Menurut Husin, atmosfir Piala Dunia 2022 di Qatar terasa hingga ke pelosok negeri. Tidak mengherankan karena sepak bola merupakan olahraga yang paling digemari di Indonesia, baik tua muda, laki-laki maupun perempuan. Demam piala dunia sangat terasa, apalagi saat ini dengan mudah orang dapat menonton melalui handphone atau televisi dengan berlangganan melalui jejaring vidio yang ada.

"Berbagai negara dengan membawa bintang bintang top mereka untuk berlaga walau ada juga bintang yang batal ikut serta karena mengalami cedera, namun itu semua tidak mempengaruhi kualitas turnamen," katanya.

"Qatar yang menjadi tuan rumah event dunia 4 tahunan ini betul-betul mempersiapkan diri sebagai tuan rumah dengan membangun stadion-stadion kelas dunia yang modern dan terkini termasuk sarana pendukungnya," kata Saleh Husin.

Baca juga: Wapres sebut Indonesia bisa tiru hal baik dari Piala Dunia Qatar
Baca juga: Menteri BUMN sebut Brazil lebih kuat di Piala Dunia 2022

Pewarta: Dadan Ramdani
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2022