Palembang (ANTARA) - Tentara Nasional Indonesia (TNI) menjalankan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) di 115 desa Kabupaten Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan, dengan merealisasikan penyerapan anggaran APBD senilai Rp4,7 miliar.

Komandan Kodim (Dandim) 0402/OKI-OI Letkol (Inf) Hendra Saputra di Kayuagung, Jumat, mengatakan salah satunya kegiatan TMMD dilakukan di Desa Cahya Bumi Kecamatan Lempuing yang menjadi desa ke-115.

Baca juga: Wakasad: TMMD 2023 bisa diarahkan perbaiki infrastruktur di Cianjur

TNI dalam program ini membangun jalan baru sepanjang 7.000 meter, dua unit jembatan, tiga unit block culvert, sumur bor, gapura desa, rehab masjid, lapangan sepak bola hingga rehab rumah warga tidak layak huni.

Selain pembangunan fisik, TNI juga melakukan kegiatan non fisik seperti penyuluhan wawasan kebangsaan, penyuluhan agama, kesehatan, pertanian, hukum, kehutanan, narkoba dan stunting.

Ia mengatakan TMMD tahun ini diikuti oleh 150 personel dengan dukungan dana dari APBD Kabupaten OKI senilai Rp4,7 miliar.

Panglima Kodam II Sriwijaya Mayjen TNI Hilman Hadi menyampaikan apresiasinya atas pelaksanaan program TMMD ini yang dapat diselesaikan tepat waktu dan berhasil memenuhi target pembangunan fisik sesuai perencanaan.

“Atas kerja sama, dan sinergitas semua pihak membuat pekerjaan menjadi tepat waktu dan hasil yang maksimal,” ujar Panglima.

Ia berharap infrastruktur yang dibangun dalam program TMMD tersebut untuk dijaga bersama agar dapat dinikmati oleh seluruh masyarakat dalam jangka waktu yang lama.

Program TMMD ke- 115 yang dilaksanakan selama 30 hari, sejak dibuka pada 11 Oktober yang lalu dan ditutup pada 9 Nopember 2022 dengan menghasilkan sejumlah pembangunan fisik dan non fisik

Bupati OKI Iskandar menyampaikan terima kasih kepada Satgas TMMD yang telah bersama sama membangun desa di OKI.

TMMD merupakan perwujudan kemanunggalan TNI dan rakyat berserta seluruh unsur dan komponennya karena dengan manunggal bersama rakyat maka TNI menjadi kuat.

Ia melanjutkan TNI saat ini adalah berjuang bersama rakyat untuk memerangi kemiskinan, memberantas kebodohan lewat TMMD yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di pedesaan.

Baca juga: Jalan dibangun tuntas, Program TMMD di Tambrauw-Papua Barat selesai
Baca juga: Wartawan ANTARA Kalteng juara II lomba berita TNI Membangun Desa
Baca juga: Ketua DPRD Bogor yakin pembukaan jalan 1,7 km tingkatkan ekonomi warga

Pewarta: Dolly Rosana
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2022